Pemerintah Siapkan US$ 150 Juta Biayai Persiapan Proyek Infrastruktur


Rabu,10 Februari 2016 - 17:39:08 WIB
Pemerintah Siapkan US$ 150 Juta Biayai Persiapan Proyek Infrastruktur Hasil pembangunan Indonesia. (foto: int)

Pemerintah siapkan dana sebesar US$ 150 juta untuk persiapan proyek. Mulai dari studi kelayakan, detail enginering design (DED), hingga Amdal. Baru kemudian proyek ditenderkan kepada pihak swasta.

“Selama ini banyak proyek dan realisasi pinjaman luar negeri, termasuk proyek PPP (Public Private Partnership), karena tidak terlalu siapnya persiapan proyek, tidak berjalan. Sekarang sudah ada US$ 150 juta untuk matangkan persiapan,” ungkap Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas dalam acara Seminar Outlook Infrastruktur 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Dengan persiapan tersebut, kata Sofyan, tentunya akan mempermudah proses tender. Termasuk penentuan nilai investasi. Ini pun sekaligus mengurangi kekhawatiran investor terhadap proyek yang akan dijalankan. “Persiapan proyek yang bagus itu, tender akan mudah, harga lebih mudah, dan lain-lain,” imbuhnya.

Sofyan menambahkan, dana ini berasal dari pinjaman, baik yang bersifat multilateral dan surat utang. Menurutnya, dana ini bisa membiayai proyek sampai dengan nilai US$ 30 miliar. “Segala proyek, itu bisa disiapkan. Dengan US$150 juta  itu kita bisa menyiapkan proyek senilai sampai dengan US$ 30 miliar,” imbuhnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, berita yang dimuat detik.com ini, dana untuk persiapan proyek memang ada dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun jumlahnya sedikit, dan tidak bisa menyiapkan berbagai proyek.

“Dulu biasanya persiapan proyek karena uang terbatas, akhirnya banyak yang tidak matang persiapannya. APBN itu kan terkendala lagi harga satuan yang rendah. Sehingga akhirnya kita bisa dapatkan konsultan yang nggak kredibel. Itu untuk poryek-proyek kecil sih oke, tapi kalau yang gede-gede dan sifatnya internasional, harus disiapkan baik-baik,” papar Sofyan.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]