3 Cara Redakan RasaTakut Jelang Persalinan


Jumat,12 Februari 2016 - 12:16:22 WIB
3 Cara Redakan RasaTakut Jelang Persalinan

Jelang waktu melahirkan, ibu bisa merasa tidak sabar untuk melihat buah hatinya. Tapi di sisi lain, bisa pula muncul rasa cemas dan takut berlebih terhadap proses persalinan, entah takut akan rasa sakit saat bersalin atau terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun jangan khawatir, sebab ada cara-cara yang bisa dilakukan ibu untuk mengurangi ketakutan dan kecemasannya jelang melahirkan, yang sudah terbukti secara ilmiah. Apa saja? Berikut cara-cara tersebut seperti dikutip dari Essential Baby, Jumat (12/2/2016):


1. Berlatih yoga antenatal

Studi di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa kelas yoga antenatal bisa membantu perasaan cemas dan takut ibu jelang waktu persalinan. Dalam studi ini, peneliti mengamati 51 wanita hamil trimester kedua dan trimester ketiga awal. Lebih dari setengah wanita mengikuti kelas yoga selama delapan minggu.

Berita dilansir detik.com ini menjelaskan, kelas yoga antenatal dalam studi ini melibatkan gerakan ringan dan lebih bertujuan meredakan nyeri, memperbaiki posisi bayi, meningkatkan fleksibilitas pinggul, dan teknik pernapasan.

 

2. Berbicara dengan bidan

Sebuah studi di Australia yang diterbitkan di jurnal Birth mengamati pengaruh konseling yang dilakukan 198 wanita hamil terhadap ketakutannya saat melahirkan. Selama dua sesi telepon, ibu hamil dan bidan membahas harapan serta perasaan yang dialami si ibu saat bersalin. Bidan juga membantu mengurangi kesedihan atau perasaan tak nyaman yang dialami ibu selama masa kehamilan. Tim peneliti menemukan 75 persen ibu lebih percaya diri setelah mendapat konseling.


3. Ikut kelas antenatal

Studi dalam Nursing Research mengamati 616 wanita hamil untuk melihat manfaat kelas antenatal. Diketahui, sekitar 90 persen ibu melakukan latihan teknik pernapasan, mengejan, dan relaksasi selama sesi kelas tersebut. Para peserta juga membahas proses persalinan.


Di awal mengikuti kelas antenatal, bidan mencari tahu seberapa tinggi tingkat kecemasan si ibu. Setelah mengikuti kelas antenatal, bidan melaporkan bahwa kecemasan ibu mengalami penurunan. Saat ini, kelas antenatal banyak tersedia di rumah sakit sehingga tak ada salahnya jika ibu mulai mencari informasi tersebut melalui dokter atau pihak rumah sakit.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]