Mau Liburan atau Cuti, Perhatikan 6 Hal Sebelum Tinggalkan Kantor


Jumat,26 Februari 2016 - 10:15:40 WIB
Mau Liburan atau Cuti, Perhatikan 6 Hal Sebelum Tinggalkan Kantor (foto: int)

Jika Anda akan mengisi liburan di akhir pekan atau cuti, pastikan tugas Anda di kantor akan baik-baik saja ketika ditinggal. Hindari pula meninggalkan proyek-proyek penting yang akan terbengkalai bila Anda tidak berada di tempat.

Untuk itu, lakukan enam hal berikut ini sebelum pergi liburan:

1. Peringatkan Rekan & Atasan

Tentu saja Anda tidak bisa cuti kemudian pergi liburan secara diam-diam atau tiba-tiba. Beritahu rekan-rekan dan manejer sebelum melakukanya. Jika bisa, pastikan bila keputusan tersebut tidak menggangu kerja divisi Anda.

2. Titip Pekerjaan

Bila perlu, tunjuk seseorang untuk membantu menggantikan atau mengerjakan tugas-tugas. Namun jangan asal menitipkan pekerjaan. Beri dia tips atau informasi yang sekiranya dibutuhkan agar rekan-rekan tidak bingung dalam mengurusnya. Ketahui pula jika rekan tersebut masih punya pekerjaan utama sehingga mungkin tidak bisa mengurusi tugas Anda secara maksimal.

3. Prioritaskan Proyek

Bagi Anda yang ditugaskan mengerjakan proyek tertentu, sebaiknya tidak meninggalkannya begitu saja untuk liburan. Jika bisa pilih tanggal liburan saat proyek tersebut sudah dijadwalkan selesai. Bila tidak bisa, titipkan atau tugaskan seseorang untuk menggantikan Anda saat tidak ada di tempat.

4. Back to Work List

Coba buat daftar mengenai hal-hal yang perlu dilakukan setelah kembali liburan. Cara tersebut perlu diterapkan agar Anda tidak memikirkan pekerjaan saat sedang liburan bersama teman atau keluarga. Tinggalkan daftar tersebut di kantor atau meja kerja agar tidak mengganggu pikiran saat pelesiran.

5. Bersihkan Meja

Sebaiknya bersihkan pula meja kerja kantor Anda sebelum liburan. Terutama bila Anda tipe pekerja yang mejanya berantakan. Coba bereskan berkas-berkas yang penting agar lebih rapi dan tidak hilang atau terselip selama Anda liburan. Hal itu juga akan memudahkan rekan atau atasan untuk mencari berkas tertentu yang dibutuhkan ketika Anda tidak ada di tempat. Cara ini juga perlu diperlukan agar Anda tidak stres ketika pulang liburan karena menemukan meja kerja semakin berantakan. 

6. Aktifkan Handphone

Anda mungkin ingin bersantai dengan tenang tanpa gangguan dari pekerjaan sat berpelesir. Namun jika bisa jangan terlalu menghindar dari rekan atau atasan dengan tidak menonaktifkan ponsel atau tidak mau sama sekali dihubungi selama liburan. Tetap jalin komunikasi dengan mereka untuk mengetahui kabar terkini dari kantor Anda. Berita yang dilansir detik.com menjelaskan, hal ini perlu dilakukan terutama ketika Anda sudah menjabat posisi tinggi di tempat kerja.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]