Kok Masih Bau, Padahal Sudah Gosok Gigi! Ini Sebabnya


Jumat,26 Februari 2016 - 11:31:20 WIB
Kok Masih Bau, Padahal Sudah Gosok Gigi! Ini Sebabnya (foto: int)

Rajin menggosok gigi belum tentu menjamin Anda terhindar dari bau mulut yang tidak sedap. Apalagi, bau mulut yang kurang sedap bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah cara menggosok gigi yang tidak benar.

Menurut drg Laura Zaizavonna, disarankan untuk menggosok gigi menghadap ke cermin agar dapat melihat semua permukaan gigi. “Ini penting, agar tahu mana yang belum bersih atau sudah bersih," kata drg Laura yang praktik di Klinik Idrus Tjikman Sudarto Dental Practice Mampang Prapatan, seperti dilansir detik.com.

Selain itu, drg Laura juga menyarankan untuk menjaga kebersihan lidah. Hal tersebut dikarenakan lidah merupakan bagian mulut yang berpori-pori dan memiliki permukaan yang tidak rata sehingga memiliki kemungkinan makanan terselip di sana dan menyebabakan bau mulut.

“Tidak lupa juga untuk melakukan kontrol ke dokter gigi untuk mengetahui ada atau tidak lubang pada gigi yang tidak kita sadari atau kalkulus (karang) pada gigi,” lanjut drg Laura.

Namun, drg Laura menekankan bila tidak ditemukan masalah pada gigi, bisa jadi bau tidak sedap pada mulut merupakan tanda adanya penyakit pada tubuh. Bau mulut yang kurang sedap umumnya disebabkan oleh penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah. Aroma tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri. Kondisi inilah yang disebut mulut kering atau xerostomia.

Bau mulut biasanya dialami pada saat merasa lapar atau sedang puasa, di pagi hari setelah bangun tidur, dan saat Anda haus atau tidak minum. Mulut kering juga dapat disebabkan oleh tarikan napas melalui mulut, bukan melalui hidung.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]