Musim Hujan, Pedagang Diminta Tak Tahan Pasokan Bawang Merah


Selasa,01 Maret 2016 - 16:16:46 WIB
Musim Hujan, Pedagang Diminta Tak Tahan Pasokan Bawang Merah (foto: Parlindungan)

Pemerintah mengimbau pedagang tak memanfaatkan musim hujan untuk menahan pasokan bawang merah. Sebab, jika pasokan tersendat maka akan mendorong kenaikan harga.

“Saya ke pedagang hanya bisa sampaikan, jangan mumpung ada jeda karena hujan terus barang dikeluarkan sedikit-sedikit. Dari sebelumnya 20-30 truk masuk ke pasar induk, karena kondisi begini (hujan) jadi 15 truk. Hal seperti itu bisa mengganggu harga,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Spudnik Sujono, dalam konferensi pers di kantornya, Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Spudnik menambahkan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman telah memerintahkan dirinya untuk terus memantau harga bahan pangan, khususnya bawang merah, agar pasokannya tetap lancar dan harga stabil. Dalam menjalankan tugas ini, Kementan menjalin kerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Kerja sama dengan Kemendag ini sekaligus untuk mengawasi dan mengamankan tata niaga bawang merah agar tetap lancar dan tak ada pedagang yang menahan di gudang. “Soal tata niaga pedagang kami (Kementan) nggak bisa atur, kami nggak bisa menegur pedagang. Misalnya, suplai di pasar berkurang karena bawang merah ditahan di gudang, kami nggak bisa menegur,” tutur Spudnik.

Upaya kerja sama dalam menjaga pasokan bawang merah ini diharapkan mampu menjaga harga bawang pada kisaran harga yang stabil. “Dari usaha kami ini harapannya bawang merah bisa dikendalikan di bawah Rp 25.000-Rp 26.000/kg,” kata Spudnik seperti dilansir detik.com.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]