Triwulan I, Target PAD Pemko Pekanbaru Tak Maksimal


Kamis,03 Maret 2016 - 10:52:58 WIB
Triwulan I, Target PAD Pemko Pekanbaru Tak Maksimal (foto: int)

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru di awal 2016 masih jauh dari perkiraan. Dinilai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi sumber PAD bermasalah.

Dari 16% harapan pemenuhan target pada triwulan pertama, realisasi yang ada baru dua persen. Evaluasi kemudian dilakukan atas realisasi PAD awal tahun ini, Rabu (2/3/2016). Mengambil tempat di ruang rapat Wali Kota Pekanbaru, rapat evaluasi digelar tertutup dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, M Noer MBS.

Usai menggelar rapat, Sekko memaparkan, evaluasi terhadap target PAD ini perlu dilakukan. Dari evaluasi dapat dilihat target yang sudah dan belum tercapai serta potensi PAD yang ada. “Banyak kami temukan titik permasalahan. Banyak SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang kami harapkan menjadi sumber PAD bermasalah,” kata M Noer.

Dipaparkannya, salah satu yang saat ini belum menunjukkan hasil adalah Dinas Tata Ruang dan Bangunan (Distarubang) Kota Pekanbaru. “Ini masih stagnan. Kadisnya harus berinovasi untuk mengejar target PAD,” terangnya seperti dimuat Riau Pos, Kamis (03/03/2016).

Masalah lain yang juga dibahas terdapat pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo). Di sini, retribusi negara yang mencapai Rp141 miliar tidak boleh diberlakukan lagi karena melanggar aturan. “Tentu kami juga jadi kehilangan PAD pada retribusi menara. Ini tugas Dishub untuk mencari sumber potensi PAD lain,” imbuhnya.

Dengan masih banyaknya ditemukan masalah ini, Sekko pesimis proyeksi pemenuhan target PAD triwulan pertama  2016 tercapai. “Pada triwulan ini target serapan PAD itu 16 persen, tapi baru tercapai dua persen. Masih jauh melenceng,”
singkatnya.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]