Punya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, Berarti Genggam Dunia dan Tetap Gaya


Jumat,04 Maret 2016 - 15:49:35 WIB
Punya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, Berarti Genggam Dunia dan Tetap Gaya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL. (foto: instimewa)

Siapa yang tidak kenal Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL. Smartphone 4G Android 5’’ terbaik milik ASUS ini dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G yang cukup kencang. Perangkat tersebut menggunakan teknologi LTE bertipe cat 4 (LTE cat 4) yang secara teori mampu menghantarkan kecepatan upload 50Mbps dan download 150Mbps per detik.

Tidak dapat dipungkiri, kalau produk-produk ASUS telah menghadirkan tipe Zenfone  yang menawarkan kemampuan tinggi, punya fitur menarik namun dipasarkan di harga terjangkau dibanding produk competitor.

 “Saya langsung mencari ke counter-counter handphone saat Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL dilaunching. Di Kota Pekanbaru beberapa hari setelah launching baru beredar Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL. Saya sempat takut, kalau smartphone ini lambat masuk, karena saya sudah tidak sabar ingin memilikinya,” ujar Yuniani (22), seorang mahasiswi di Stikes Hang Tuah Pekanbaru kepada riaubisnis.co, Senin (29/2/2016).

Bagi Yusniani, dengan memiliki Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, berarti sudah menggengam dunia. Sebab, dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL, sudah terasa bisa segalanya dalam memasuki dunia internet.

“Bagi saya, dengan memiliki Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL sudah serasa menggenggam dunia. Mau ngapa saja dengan menggunakan Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL sudah bisa. Mau akses internet, gak perlu lama-lama diakses, ia sangat kencang,” tegas Yusniani   

Salah satu produsen peralatan digital terkemuka asal Taiwan, ASUS, juga mulai gencar memasarkan produk perangkat selulernya yang di-built dengan teknologi 4G. Pertama kali mereka memulainya melalui seri ZenFone 2, yang kemudian diestafetkan kepada generasi selanjutnya yakni ZenFone 2 Laser (ZE500KL).

Selain harganya cukup terjangkau mahasiswa, Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL dinilai sudah cukup komplit dengan spesifikasinya. Dari spesifikasi yang diutarakan ASUS ZenFone 2 ZE500KL dilengkapi dengan teknologi jaringan 4G yang cukup kencang. Perangkat tersebut menggunakan teknologi LTE bertipe cat 4 (LTE cat 4) yang secara teori mampu menghantarkan kecepatan upload 50Mbps dan download 150Mbps per detik. Itu artinya Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL dapat menggunakan jaringan tersebut untuk mengakses internet berkecepatan tinggi.

Sementara itu, Bunaya Tamim seorang mahasiswa jurusan teknik di Universitas Islam Riau menjelaskan, dirinya hampir tiap hari searching tugas kuliah. Terkadang dengan menggunakan handphone merek lain, dirinya sering merasa geram akibat aksesnya yang lambat sekali akibat teknologi yang dimiliki handphone tersebut masih abal-abal.

“Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL bagi saya sudah cukup luar biasa kecepatan dalam mengakses internet. Sehingga tugas-tugas kuliah saya bisa cepat kelar akibat bantuan Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL,” katanya dengan sambil senyum.

Bergaya dengan Kamera 13 MP dengan AF Tercepat

Menurut Yusniani dan Bunaya, sejak ia memiliki ZenFone 2 Laser ZE500KL, dirinya tetap gaya trendi dan sering selfi. Pasalnya, kapasitan lensa kameranya yang cukup tinggi sebanding dengan hasil selfinya Yusniani dan Bunaya.

Seperti yang dirilis ASUS, unsur kamera pada ZenFone 2 Laser ZE500KL telah mendapatkan peningkatan dari perangkat sebelumnya yakni ZE500KG (ZenFone 2 Laser versi 3G) yang hanya memiliki kamera belakang 8MP. Sekarang ini handpone cerdas itu memiliki kamera 13MP berteknologi Pixel Master dengan kemampuan menangkap fokus sangat cepat yakni 0,03 detik.

Kemampuan itu dimungkinkan sebab perangkat ini memiliki laser auto fokus yang ditempatkan persis disamping perangkat. Laser tersebut akan menyala (berkedip kedip) ketika Anda mencoba mengambil gambar dari dekat maupun jauh, dengan memfungsikan  mode auto fokus.

Lensa pada ZenFone 2 Laser ZE500KL mempunyai nilai aperture hingga f/2.0. Dengan bukaan lensa seperti itu, lensa pada ZenFone 2 Laser mampu menangkap gambar  dengan lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih maksimal meski dalam keadaan minim cahaya.

Bukaan lensa seperti itu pun dapat dimanfaatkan untuk mengasilkan foto dengan latar belakang yang kabur (deep of field) yang baik. Sekedar informasi, pada kamera professional rata-rata lensa yang untuk menghasilkan DoF yang baik memiliki nilai aperture f/1.8.

Ketike mengambil foto pun, lag yang dihasilkan terbilang minim bahkan hampir tidak ada (zero shutter lag). Sehingga Anda mudah mengabadikan momen penting dengan fokus yang tetap bagus. Kamera belakangnya pun dilengkapi dengan 5 lapis lensa Largan.

Selanjutnya, ASUS juga membekali Zenfone 2 Laser dengan fasilitas kamera berteknologi PixelMaster untuk mendapatkan gambar terbaik, citra yang detil, warna lebih alami, dan tangkapan cahaya yang lebih peka meski dalam suasana gelap/remang. Sistem PixelMaster juga menggabungkan 4 pixel yang didapat dari sensor menjadi 1 pixel dengan kualitas tinggi dimana hasil pencahayaannya akan 4x lipat lebih terang dan kontras warna meningkat 4x lipat.

Fitur-fitur Kamera Unggulan

Saat membuka aplikasi kamera, terdapat mode fotografi dikiri bawah yang siap menampilkan 18 moda siap pakai yang terdiri dari Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama,  Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

Membutuhkan waktu sangat banyak untuk menjelaskan tiap-tiap dari ke-18 mode pemotretan yang ada pada Zenfone 2 Laser. Tapi singkatnya, Anda harus mencoba mode HDR, Beautification, Super Resolution, Low Light, Time Rewind, Depth of Field dan Slow Motion jika memiliki smartphone ini.

Time Rewind adalah moda unik yang merekam adegan beberapa detik sebelum dan setelah tombol rekam ditekan. Cocok buat mereka yang sering ketinggalan momen saat memotret atau antisipasi agar tidak kehilangan momen terbaik saat memotret.

Sementara Depth of Field digunakan untuk mencipta efek buram pada latar belakang foto untuk menonjolkan fokus pada obyek utama.

Adapun pilihan mode Low Light berguna untuk meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya sampai 400%. Ini dicapai dengan mengubah resolusi dan melakukan pengolahan dengan algoritma khusus sehingga gambar dari suasana yang gelap tetap bisa ditampilkan lebih jelas.

Jika menggunakan kamera depan yang beresolusi maksimal 5 megapiksel, Anda akan mendapatkan pula  10 mode pemotretan, yaitu Beautification, Selfie Panorama, Auto, Night, HDR, Effect, Low Light, GIF Animation, Slow Motion, dan Time Lapse. Mode ini

Selain mode otomatis tadi, ASUS tak ketinggalam menyediakan setelan tambahan untuk pengguna yang butuh fleksibilitas lebih baik. Pengaturan tersebut mencakup perubahan white balance, ISO, timer, nilai eksposur, deteksi wajah, dan banyak lagi.

Perbandingan Kinerja

 

S*****g G****y  A5

ASUS Zenfone 2 Laser

Android version

4.4.4

5.0.2

RAM

2GB

2GB

CPU

Qualcomm Snapdragon 410

(quad-core) 1,2GHz

Qualcomm Snapdragon 410

(quad-core) 1,2GHz

GPU

Adreno 306

Adreno 306

Screen

5” @ 720x1280

5” @ 720x1280

 

 

 

Antutu

21.330

23.236

MobileXPRT -Performance

                       -User

131

93

133

100

3Dmark         -720

                      -1080

5286

2665

5316

2657

WebXPRT

196,0

236,0

Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KL Miliki Kapasitas Memori Luas

Bicara soal kapasitas penyimpanan, sangat baik apabila sebuah smartphone memiliki ruang penyimpanan yang besar agar dapat mengakomodasi berbagai konten seperti aplikasi, file multimedia, foto dan lainnya. Nah, ASUS ZenFone 2 Laser ZE500KL telah mendukung kapasitas penyimpanan yang cukup besar yakni 16GB, serta masih dapat diekspansi dengan ketersediaan slot memori (microSD) hingga 128GB.

Pengguna pun masih akan mendapatkan ekstra penyimpanan berbasis cloud hingga 5 GB menggunakan ASUS WebStorage. Rasa-rasanya dengan dukungan seperti itu, tentu pengguna akan semakin terbantu untuk menyimpan berbagai file yang dimiliki.

Kapasitas memori internal yang besar memang salah satu hal yang penting diperhatikan ketika ingin membeli sebuah smartphone. Idealnya, smartphone tersebut minimal haruslah memilliki memori internal sebesar 8GB sehingga Anda akan dapat menggunakan ruang penyimpanan yang cukup  besar sekitar 4 atau 5GB untuk aplikasi dan lainnya. Sebab sisanya telah terpakai untuk sistem operasi dan juga aplikasi bawaan lainnya.

Sekali lagi ZenFone 2 Laser menggunakan ergonomic Arc Design di mana sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Meski mirip dengan versi Zenfone 2, namun versi Laser terbilang lebih tipis dengan ketebalan hanya 1,05cm di bagian tengah dan hanya 0,35cm di sisi-sisinya sehingga terasa lebih nyaman digenggam. Untuk smartphone model Laser perdana ini, ASUS memilih  rentang layar 5 inci yang bisa dibilang sebagai bentang layar paling nyaman untuk kebanyakan orang.

Meski keseluruhan bodi tampak lebih  mungil dengan panjang 143,7mm dan lebar 71,5mm, handset ini tetap mampu tampil sebagai smartphone 5 inci berkat tepian layar (bezel) yang dipersempit sehingga rasio layar terhadap bodinya mencapai 70%. Cakupan yang lebih besar dibandingkan rata-rata produk sekelas.

Spesifikasi

Sistem Operasi                     Android 5 (Lollipop)

CPU                                       Qualcomm Snapdragon 410 (64-bit quad-core 1,2GHz)

GPU                                       Adreno 306

Memori                                   2GB RAM

Storage                                  16GB eMMC Flash

                                                5GB free lifetime ASUS WebStorage

Slot Memori                           Micro-SD card (hingga 128GB)

Teknologi Konektivitas       WLAN 802.11 b/g/n

                                                Bluetooth V4.0 + A2DP

                                                Dual Micro SIM card (Dual Standby)

Network Standard                4G LTE UL: 150 Mbps / DL: 50 Mbps

                                                3G DC-HSPA+ UL: 5,76 Mbps / DL: 42 Mbps

Navigation                             GPS & GLONASS

Display                                   5 inci, HD 720x1280 IPS, TFT dengan Capacitive touch panel + Gorilla Glass 4

User Interface /UI                 ASUS ZenUI with over 1000+software enhancements

                                                 (What's Next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)

Baterai                                    Lithium-Polimer 2400 mAh

Dimensi                                 143,7x71,5x(10,5~3,5) mm

Berat                                       140 g 

Kamera                                  Font 5 Mega-Pixel & Rear 13 Mega-Pixel

                                                Laser Auto Focus, F2.0 Aperture, PixelMaster

                                                5-element lens

Video Playback                    MPEG4 up-to 1080p

Video Recording                  MPEG4 up-to 1080p @30fps

Slot Audio                             3,5mm

Audio                                     MP3/3GP/AAC/AAC+/DivX/Xvid/H.263/H.264

Browser                                 Google Browser/Youtube Browser/WAP

Messaging                            SMS/MMS/IM/Email

E-Mail                                     Google Mail/Exchange/POP3/IMAP4/SMTP

Sensor                                   Accelerometer/Light/Microphone/Proximity Sensor

Harga                                     Rp 2.099.000.(*)

Parlindungan-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]