Toko Pizza Kirim Pesanan Pakai Robot


Sabtu,19 Maret 2016 - 18:13:05 WIB
Toko Pizza Kirim Pesanan Pakai Robot (foto: detik.com)

Perkembangan teknologi benar-benar meluas ke berbagai sektor, termasuk di bisnis makanan. Sebuah toko pizza mengembangkan robot pengirim pesanan ke rumah-rumah. Kok bisa?

Biasanya pesanan pizza akan diantar ke rumah oleh seseorang, apakah menggunakan motor atau mobil. Tapi ke depannya peran tersebut bisa saja digantikan oleh sebuah robot, karena Domino's Pizza mengembangkan apa yang namanya Domino's Robotic Unit (DRU) di Selandia Baru.

Robot ini punya empat roda dan memiliki tinggi sekitar 1 meter. Di bagian atasnya ada semacam tempat penyimpanan yang bisa menampung hingga 10 kotak Pizza. Menariknya, selain juga berfungsi sebagai penghangat tempat Pizza tersebut juga cuma bisa diakses menggunakan kode yang akan diterima konsumen selepas pembayaran.

Tak sampai di situ, kelebihan DRU juga terletak di daya jelajahnya. Dalam sekali pengisian baterai, katanya robot ini bisa melaju sejauh 20 mil atau kitar 32 km. Adapun untuk menghindari rintangan yang mungkin ditemui di jalan, DRU dibekali berbagai sensor yang tertanam di bodinya, dikutip dari The Verge, Sabtu (19/3/2016).

DRU sendiri kini sudah memasuki tahap pengujian di Selandia Baru. Bahkan disebutkan pihak Pemerintah Selandia Baru sangat tertarik dengan robot garapan Domino's ini, seperti yang disampaikan oleh Menteri Transportasinya.

“Ini adalah kesempatan yang menarik bagi Selandia Baru. Selama 12 bulan terakhir saya sudah aktif dan agresif mempromosikan Selandia Baru sebagai test bed untuk uji coba teknologi transportasi baru,” ujar Menteri Transportasi Selandia Baru, Simon Bridges sepertri dilansir detik.com.

Tapi bicara teknologi, Domino's sejatinya bukan pemain baru. Beberapa waktu lalu produsen pizza ini pernah membuat semacam asisten digital seperti Siri atau Cortana. Jadi konsumen bisa menggunakannya ketika memesan pizza. Inovasi lainnya yang pernah disodorkan Domino's adalah pemesanan pizza lewat pesan instan hanya dengan mengirimkan emoticon pizza.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]