GAPMMI Belum Dapat Arahan Pemerintah Blokir Produk Israel


Kamis,24 Maret 2016 - 19:25:04 WIB
GAPMMI Belum Dapat Arahan Pemerintah Blokir Produk Israel Ilustrasi detik.com

Indonesia sepakat memboikot produk-produk Israel sejalan seruan banyak negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Keputusan ini diambil saat agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI.

Buntut dari keputusan ini, barang asal RI juga tidak akan diterima Israel. Artinya eksportir Indonesia akan kehilangan salah satu pangsa pasarnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kegiatan ekspor-impor Indonesia dan Israel banyak melibatkan produk makanan dan minuman.

Benarkah RI akan memboikot produk dan perdagangan Israel? Kalau memang begitu, kapan rencana ini akan dilakukan? Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi S Lukman mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat arahan dari pemerintah terkait hal ini. 

“Kalau itu sudah jadi ketetapan pemerintah tentu akan kita laksanakan. Tapi sampai sejauh ini enggak ada arahan langsung yang resmi masuk ke asosiasi,” katanya Kamis (24/3/2016) seperti dilansir detik.com.

“Lagipula, aktivitas impor itu kan pure (murni) bisnis. Kita tidak bisa mengarahkan atau melarang. Kecuali ada larangan tegas dari Pemerintah. Tapi ya itu, belum ada arahan yang resmi dari Pemerintah,” tambahnya.

Indonesia dan Israel tercatat melakukan perdagangan ekspor-impor dengan Israel sejak beberapa tahun terakhir. Sepanjang 2015, tercatat nilai impor barang Indonesia dari Israel adalah US$ 77,7 juta. Jenis barang yang masuk ke Indonesia dari Israel kebanyakan adalah produk kimia. Sementara ekspor dari Indonesia ke Israel di tahun yang sama sebesar US$ 116,9 juta. Rata-rata produk yang dikirim adalah makanan dan minuman.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]