Suntik Vitamin C, Amankah?


Kamis,24 Maret 2016 - 20:36:03 WIB
Suntik Vitamin C, Amankah? (foto: int)

Suntik vitamin C untuk memperoleh kulit yang kencang dan cerah sering dilakukan terutama oleh wanita yang bekerja. Amankah melakukan hal ini?

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Cenre mengatakan praktek suntik vitamin C atau suntik putih sejatinya aman dilakukan. Namun ingat, suntik ini sifatnya tidak permanen dan bukan merupakan prosedur medis. Jadi tidak ada indikasi medisnya.

“Suntik putih atau suntik vitamin C itu untuk mencerahkan kulit tapi sifatnya hanya sementara. Ketika sudah tidak ada lagi kandungannya lagi di dalam tubuh ya efeknya akan hilang," tutur dr Darma, di sela live chat yang digelar detikHealth dan detikForum bertema 'Menjaga Kulit Awet Muda' yang digelar di Redaksi detikcom, Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2016).

Suntik vitamin C membuat kadar melanin dalam kulit berkurang. Efeknya, kulit akan terlihat lebih putih, cerah dan kencang. Hanya saja, vitamin C termasuk zat yang mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil maksimal, suntik vitamin C dilakukan berdasarkan interval yang sudah disetujui oleh dokter kulit.

Ia mengingatkan bahwa vitamin C tidak bisa membuat kulit menjadi putih permanen. Secara ilmiah, hingga saat ini belum ada obat ataupun suntikan apapun yang dapat membuat seseorang berkulit gelap untuk memiliki kulit putih. "Jadi mencerahkan saja, tapi tidak membuat kulit jadi putih. Orang kulit hitam mau jadi putih nggak mungkin. Logikanya, orang China saja dijemur juga akan hitam. Tapi didiamkan beberapa waktu juga akan kembali putih lagi kan dia," pungkasnya.

dr Eddy Karta, SpKK dari Edmo Clinic Jakarta mengatakan untuk warna kulit ditentukan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor eksternal seperti pajanan sinar matahari atau adanya penyakit kulit hingga faktor internal seperti status nutrisi, faktor genetik, kelainan pigmentasi bawaan, dan juga adanya kelainan metabolisme. "Sementara suntikan vitamin C bila diberikan dengan dosis dan frekuensi yang tepat dapat menjadi tambahan terapi walaupun hasilnya masih bervariasi," pungkasnya.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]