Mau Tahu Destinasi Diving and Adventure Unggulan di Indonesia


Kamis,31 Maret 2016 - 23:02:08 WIB
Mau Tahu Destinasi Diving and Adventure Unggulan di Indonesia Destinasi wisata Raja Ampat. (foto: detik.com)

Mengembangkan destinasi unggulan dilakukan untuk meningkatkan devisa dari sektor pariwisata. Kemenpar pun menetapkan destinasi unggulan diving dan adventure.

“Kita sepakat wisata bahari dibagi 3, coastal, sea zone, underwater. Yang paling banyak sumbangannya adalah coastal, pantai 60%, baru seazone, bentang laut 25%, yang ketiga diving 15%. Kita akan mengembangkan 10 destinasi prioritas untuk coastal, sea zone, underwater," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam sambutannya di pembukaan Pameran Deep and Extreme Indonesia 2016 di Jakarta, Kamis (31/1/2016).

Untuk 10 destinasi unggulan underwater yang oke punya untuk snorkeling dan diving, lokasinya tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dari Bali hingga Raja Ampat yang disebut-sebut tempat snorkeling terbaik sedunia.

“Top 10 underwater, yang pertama Tulamben Bali, Lombok dengan gili-gili, Manado Bunaken, Labuan Bajo Komodo, Wakatobi, Togean, Alor, Ambon Banda, Raja Ampat, Derawan. Raja Ampat ini snorkeling spot terbaik dunia CNN  Travel,” jelas Arief seperti dilansir detik.com.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa wisata petualangan juga sudah ditentukan apa saja destinasi unggulannya. Jumlahnya ada 12 lokasi wisata. “12 lokasi prioritas wisata petualangan di indonesia yang hiking itu Krakatau, Bromo Tengger Semeru, Rinjani. Trekking di Bali, Ijen, Komodo. Rafting di  Citarik Sukabumi, Sungai Alas Aceh, Sungai Elo Jateng. Caving, wisata gua di  Gunungkidul, Pacitan, Maros,” papar Arief.

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pun tak luput untuk terus ditingkatkan. Sertifikasi SDM pariwisata terus diperbanyak setiap tahun, mulai dari dive master hingga pemandu wisata outbound.

“Rata-rata kita mensertifikasi itu 50 per lokasi. Tahun lalu kita sertifikasi dive master 7 lokasi diving. Tahun ini 8 lokasi akan kita sertifikasi sebanyak 400 dive master. Untuk SDM arung jerang 450, pemandu wisata outbound 600 orang,” tuturnya.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]