Kementerian ESDM Akan Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg


Sabtu,09 April 2016 - 11:26:19 WIB
Kementerian ESDM Akan Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg Elpiji 3 kg. (foto int)

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengurangi subsidi untuk Liquid Petroleum Gas (LPG) alias elpiji secara bertahap mulai tahun 2017.

PT Pertamina (Persero) siap melaksanakan kebijakan ini. Elpiji produksi Pertamina yang selama ini diberi subsidi adalah ukuran 3 kilogram (kg). Setelah subsidi dicabut, maka harga elpiji 3 kg akan sesuai dengan keekonomian.

Lantas bagaimana tanggapan pedagang mengenai hal tersebut? Salah satu agen elpiji 3 kg di kawasan Pondok Gede mengaku kaget dengan rencana pencabutan subsidi tersebut. "Belum dengar ya, malah baru dengar hari ini (subsidi elpiji 3 kg akan dicabut), ya kaget lah," kata Riyanti, salah satu agen gas elpiji 3 kg, di Jatiwaringin, Bekasi, Sabtu (9/4/2016) dilansir detik.com.

Pemerintah akan mulai membahas penghapusan subsidi elpiji ini tahun depan. Alasan subsidi elpiji 3 kg mulai dikurangi karena pemerintah telah membangun jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di berbagai kota. Dengan begitu, masyarakat mulai beralih dari LPG ke gas bumi.

Jika disetujui DPR, maka subsidi BBM akan dialihkan untuk pengembangan jaringan gas (jargas) kota. Pertamina sendiri, saat ini juga sedang mengembangkan infrastruktur jargas.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]