Ini Alasan Lepas Cincin Ketika Mau Mencuci Tangan


Minggu,01 Mei 2016 - 11:53:08 WIB
Ini Alasan Lepas Cincin Ketika Mau Mencuci Tangan (foto: int)

Cincin kerap digunakan sebagai aksesoris pemanis jari. Ketika kebetulan Anda memakainya kemudian hendak mencuci tangan, maka lebih baik menanggalkan cincin lebih dulu.

"Pilihan pertama lebih baik. Di rumah sakit, kami menghabiskan begitu banyak waktu untuk melatih orang bisa mencuci tangan dengan benar. Saat masuk ke ruang operasi pun, tidak diperbolehkan memakai anting, kalung, cincin besar, atau jam tangan," tutur direktur pencegahan penyakit di Providence Saint John's Health Center, Santa Monica, Angela Vassallo, MPH, MS.

Menurut Vassallo, para staf tidak diperbolehkan membawa hal-hal yang dikenakan sehari-hari ke ruang operasi termasuk cincin dan jam tangan karena benda-benda itu berpotensi membawa kuman dan bakteri. Dalam keseharian, menurut Vassallo pun pada dasarnya seseorang selalu membawa benda yang berpotensi menjadi sarang kuman.

Untuk itu, ketika mencuci tangan sedangkan Anda tengah mengenakan cincin atau gelang, baiknya lepas dulu perhiasan itu kemudian baru cuci tangan. Setelah tangan dikeringkan, silakan pakai kembali perhiasan itu. Dengan mencopot lebih dulu perhiasan sebelum mencuci tangan, maka Anda tidak membiarkan air dan residu sabun berkumpul di celah-celah cincin.

"Selain berpotensi pada menumpuknya bakteri yang bisa mengontaminasi kulit, kombinasi air dan residu sabun juga bisa merusak perhiasan Anda," tutur Vassallo dikutip dari Woman's Day seperti dilansir detik.com.

Untuk menjaga perhiasan tetap bersih dan bebas bakteri, Vassallo merekomendasikan rutinitas disinfeksi seminggu sekali. Pertama, bersihkan perhiasan dengan kain lembut dan sapu setiap celahnya. Kemudian, jika memungkinkan, lakukan disinfeksi dengan menempatkan perhiasan itu di mesin lampu kecil ultraviolet (UV).(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]