Jelang Ramadan, Harga Sembako Naik


Senin,09 Mei 2016 - 17:28:00 WIB
Jelang Ramadan, Harga Sembako Naik Harga sembako mulai naik jelang masuk Ramadan. (foto: jun)

Satu bulan menjelang Ramadan, harga sejumlah sembilan kebutuhan pokok (sembako) di Bengkalis mulai merangkak naik.

Ratna, seorang ibu rumah tangga menyebutkan bahwa sejak sepekan ini beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan, seperti gula pasir, bawang merah dan bahkan beberapa kebutuhan lain juga naik. "Ya, Pak. Kalau menjelang Ramadan barang-barang merangkak naik, bagi kami berat, Pak, apalagi yang naik tu kebutuhan harian yang kami butuhkan," kata Ratna kepada RRI ketika ditemui di pasar tradisional Bengkalis, Senin (9/5/2016).

Terkait dengan kanaikan beberapa kebutuhan pokok dibenarkan oleh kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Raja Erlangga. Namun kenaikan hanya pada beberapa komoditi saja, seperti gula pasir, kacang hijau, dan komoditi lainnya.

"Kenaikan gula pasir dipicu oleh stok berkurang di Bengkalis, sedangkan beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya, kacang hijau naik 5%, bawang putih naik 23%, dan begitu juga dengan bawang merah dari Rp.26.000,- menjadi Rp.32.000 naik 46%," terangnya.

Raja menambahkan, ada beberapa kebutuhan pokok yang stabil seperti beras, telor  dan ada juga yang mengalami penurunan, cabe raket dan tomat. "Kenaikan sudah mulai terlihat dari sekarang dan diperkirakan puncaknya terjadi seminggu jelang ramadhan dan akan terjadi kembali seminggu jelang lebaran," katanya.

Raja juga menghimbau kepada masyarakat harus bisa menjadi konsumen yang cerdes, dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan.(*)

Jun-1080


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]