Pemekaran Kabupaten Kubu Dapat Banyak Dukungan


Senin,16 Mei 2016 - 14:17:53 WIB
Pemekaran Kabupaten Kubu Dapat Banyak Dukungan Peta wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Ribuan masyarakat menghadiri acara Mubes Akbar Pemekaran Kabupaten Kubu di lapangan bola Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri, Kubu Babussalam, Minggu (15/5/2016). 

Masyarakat yang hadir merupakan perwakilan dari tujuh kecamatan yang dikategorikan sebagai bekas dari wilayah Kenegerian Kubu Kerajaan Siak dulu. Tujuh kecamatan yang terhimpun, yakni Kecamatan Kubu, Kubu Babussalam, Bagan Sinembah, Balai Jaya, Bagan Sinembah Raya, Simpang Kanan dan Pasir Limau Kapas.

Tim pemekaran Darwis Syam dalam sambutannya mengatakan, kawasan eks atau bekas Kenegerian Kubu sangat tepat bila dimekarkan. Ini mengacu pada kenyataan daerah yang sebagian besar merupakan pesisir masih sangat tertinggal terutama dalam bidang infrastruktur.

“Kondisi jalan memang sangat buruk padahal akses jalan adalah urat nadi pembangunan, malahan kadang-kadang bila ingin ke Kecamatan Simpang Kanan dari daerah ini mesti masuk atau menikung, memutar dulu ke Sumut. Ini merupakan keprihatinan bagi kita semua,” kata Darwis.

Bahkan menurutnya, bila perhatian pembangunan telah merata selama ini maka diyakini isu atau wacana pemekaran daerah tidak akan pernah ada. Mubes yang dilaksanakan masyarakat dapat dianggap sebagai ekspresi ketidakpuasan atas kebijakan pembangunan yang belum berpihak bagi masyarakat pesisir.

“Di sisi lain ada harapan dari pemerintah pusat untuk pemekaran sehingga kabupaten/kota di Riau mencapai 20, dengan pemekaran kaki yakin bahwa percepatan pembangunan dapat dirasakan lebih merata,” katanya seperti dilansir riaupos.co.

Wakil Ketua DPRD Rohil, Syarifudin yang hadir dalam pembukaan Mubes mengatakan, dengan wacana daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Kubu merupakan sesuatu hal yang wajar. “Tak ada yang perlu ditakutkan, ini adalah hak prerogratif kita dilindungi oleh undang-undang, orang tidak akan pernah meminta pembentukana kabupaten baru bila pembangunan suatu daerah telah merata,” ujarnya.

Menurutnya wajar saja bila masyarakat meminta pemekaran karena bertahun-tahun daerahnya tak pernah terlaksana pembangunan yang baik hanya seperti komoditas politik saja. Contohnya jalan di Kecamatan Kubu ini yang dari dulu sampai sekarang masih buruk. Ia menegaskan, optimis dalam waktu dekat pemekaran dapat terwujud bahkan dukungan telah kuat dengan bukti hadirnya anggota DPR RI Lukman Edi, tokoh Rohil Badarali Madjid, 20-an anggota DPRD Rohil.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]