BNPT-FKPT Selenggarakan Lomba Video dan Diskusi Film


Kamis,19 Mei 2016 - 19:06:07 WIB
BNPT-FKPT Selenggarakan Lomba Video dan Diskusi Film Sutradara dan Sineas Muda Riau, Parlindungan sebagai nara sumber dalam diskusi film judul 'Mata Tertutup' Sutradara Garin Nugroho di Hotel Alpha Pekanbaru, Rabu (19/5/2016).

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui  Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau selenggarakan Lomba Video Pendek dan Diskusi Film bagi siswa-siswi tingkat SLTA Kota Pekanbaru.

Kegiatan lomba Video pendek dibuka langsung Koordinator Bidang Pemuda dan Perempuan FKPT Riau Eddie Yusti, Selasa (17/5/2016) di Alpha Hotel Pekanbaru, Riau. Eddie Yusti MH, Kooordiantor Pemuda Perempuan Provinsi Riau yang merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga  Provinsi  Riau  mengatakan, lomba film pendek ini bermaksud memberikan peluang dan kesempatan kepada siswa siswi tingkat SLTA di Kota Pekanbaru untuk berkreasi melalui media visualisasi. Disamping itu  menggali pemikiran remaja Riau tentang makna perbedaan dan budaya toleransi sebagai bangsa yang majemuk.

“Lomba film pendek ‘Kita Boleh Beda’ ini  di ikuti puluhan video pendek pelajar SMA, SMK, dan sederajat yang berasal dari beberapa sekolah di Kota Pekanbaru, Riau. Karya siswa siswi akan dinilai oleh dewan juri. Dewan juri adalah Sutradara dan Sineas Muda Riau, Parlindungan Riau, Tjandra Wibowo (Samuan Film), Nolly Media Putra Dosen Akademi Kesenian Melayu Riau.

Menurut Eddie, kekuatan video pendek ini adalah suatu cara BNPT–FKPT berkomunikasi dengan komunitas muda untuk menciptakan ragam kekuatan untuk Riau yang lebih baik di kemudian hari. Dengan lomba video ini, pelajar menolak radikalisme yang memicu gerakan terorisme. Sementara itu Fachruddin dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme menjelaskan, peserta lomba video ini akan terpilih 6 peserta terbaik, dan setelah itu akan diseleksi kembali. Dari 6 karya ini akan muncul 3 karya terbaik. 3 besar di Riau ini bersaing  kembali  dengan 32 provinsi lain menjadi 96 video dan akan diseleksi menjadi 10 nominasi, kemudian 10 nominasi ini akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti training film pendek dan malam grand final akan dilaksanakan pada tanggal 24,25,26 November 2016.

Selain itu, pada 18 Mei 2016, di tempat yang sama juga diselenggarakan nonton film bareng sekaligus diskusi tentang film judul ‘Menutup Mata’ Sutradara Garin Nugraha. Menjadi narasumber dalam diskusi film ini adalah, Sutradara dan Sineas Muda Riau, Parlindungan Riau dan Tjandra Wibowo (Samuan Film). Di akhir acara dilakukan pengumuman lomba video. Pemenang pertama dari Pesantren Babussalam Pekanbaru, jura kedua SMK Dharmaloka Pekanbaru, dan juara ketiga SMKN 1 Pekanbaru.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]