Malas Minum Juga Bisa Picu Bau Mulut


Senin,23 Mei 2016 - 17:25:08 WIB
Malas Minum Juga Bisa Picu Bau Mulut

Selain menimbulkan rasa tak nyaman, bau mulut juga bisa bikin seseorang jadi tak percaya diri. Apa penyebab bau mulut?

Nah, jika Anda tak mau berurusan dengan bau mulut, sebisa mungkin cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air putih. Mengapa demikian? Pakar kesehatan gizi Cassandra Barns mengatakan bahwa tanpa disadari dehidrasi adalah salah satu faktor penyebab yang paling umum dari bau mulut.

Jika Anda termasuk kategori orang yang gemar minum kopi tapi justru malas minum air putih, Anda berisiko tinggi mengalami dehidrasi yang akan berujung pada bau mulut. "Air liur kita adalah antiseptik alami dan memainkan peran penting dalam membuang sisa-sisa partikel makanan yang terselip di celah gigi. Seperti diketahui, sisa makanan seperti ini kan bisa membusuk dan menimbulkan bau mulut. Agar tubuh bisa menghasilkan cukup air liur, tentu cairan tubuh harus cukup juga," papar Barns, seperti dikutip dari Mirror, Senin (23/5/2016).

Ia melanjutkan, jika Anda tak memberikan tubuh cukup asupan air putih, maka mikroba dalam mulut akan 'memakan' sisa-sisa partikel makanan tersebut dan mengakibatkan munculnya bau mulut yang tak sedap. Selain masalah dehidrasi, Barns menyebutkan bahwa bau mulut juga bisa berasal dari sistem pencernaan. "Jika saluran pencernaan Anda lamban atau Anda memiliki masalah pada usus, maka Anda juga berisiko mengalami bau mulut. Terutama di pagi hari," imbuh Barns dilansir detik.com.

Menurut Barns, ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk dalam usus, serta kelebihan gas dalam tubuh dapat menjadi penyebab munculnya masalah ini. Untuk mencegahnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi cukup probiotik, yang biasanya akan langsung menargetkan bakteri-bakteri penyebab masalah tersebut.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]