Berbagai Penyebab Utama Gigi Sensitif


Rabu,22 Juni 2016 - 16:30:03 WIB
Berbagai Penyebab Utama Gigi Sensitif (foto: int)

Gigi merupakan organ penting dalam sistem pencernaan, saat gigi terkena gangguan seperti gigi sensitif maka fungsi gigi akan terganggu.

Gigi sensitif dapat terjadi akibat iritasi yang semakin dalam pada email gigi hingga mencapai dentin. Nah, iritasi yang makin dalam terjadi pada dentin bisa muncul karena berbagai sebab. Dirangkum detikHealth pada Rabu (29/6/2016), berikut ini penyebab-penyebab utama gigi sensitif.
1.Abrasi
Abrasi pada gigi adalah permukaan gigi yang terbuka mencapai dentin dikarenakan menyikat gigi terlalu keras dan terlalu dekat dengan gusi sehingga menimbulkan celah. Permukaan gigi yang terbuka akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi.
2.Erosi
Erosi pada gigi merupakan keadaan di mana lapisan permukaan gigi terkikis akibat terpapar makanan yang mengandung senyama kimia atau asam. Biasanya, erosi pada gigi dapat muncul akibat seringnya mengonsumi cuka, alkohol, dan minuman berkarbonat tinggi.
3.Iritasi
Iritasi pada gigi diakibatkan oleh bakteri yang berfermentasi pada sisa makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi dan berkembang menjadi asam. Kemudian, proses fermentasi bakteri tersebut mengakibatkan iritasi pada gigi yang mencapai dentin.
4.Atrisi
Atrisi adalah akibat dari keadaan yang dikenal dengan bruxism yaitu keadaan gigi yang sering mengalami kontak berlebih dengan gigi yang lain seperti gemeretak. Biasanya bruxism terjadi pada orang yang sedang mengalami stres.
"Namun semua penyebab juga dapat dipengaruhi oleh faktor usia, di mana gigi mengalami pengeroposan atau pengikisan yang mempermudah terjadinya gigi sensitif." jelas Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD dari RS Pondok Indah.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]