Manfaat Menyusun Rencana Saat Libur Lebaran Bersama Anak


Minggu,03 Juli 2016 - 01:41:51 WIB
Manfaat Menyusun Rencana Saat Libur Lebaran Bersama Anak (foto: int)

Saat libur Lebaran, banyak orang yang mudik ke kampung halaman. Dalam kegiatan ini ada hal-hal positif anak yang bisa dikembangkan. Bagaimana caranya?

Ketika berada di kampung halaman, selain silaturahim dengan keluarga besar, biasanya salah satu hal yang dilakukan adalah berjalan-jalan ke tempat wisata. Nah, untuk menentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi bisa melibatkan anak dalam menyusun perencanaan.

"Bila perlu, bisa ada planning, sehingga ada perencanaan yang jelas," kata psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Dalam membuat perencanaan ini, anak dilibatkan sehingga bisa sekaligus mendorong inisiatif dan kreativitas. Misalnya suatu keluarga akan pergi ke kota A, lalu sekeluarga mencari tahu ada tempat wisata apa saja yang ada di sana. Kemudian dibukalah ruang diskusi sebaiknya tempat wisata mana yang akan dikunjungi dan apa pertimbangannya.

"Jangan lupa, beri keleluasaan anak untuk packing. Jadi anak diberi tahu apa saja yang perlu dibawa, lalu biarkan anak menyusun segala yang dibutuhkan di tasnya. Ini melatih kemandirian," lanjut Ratih.

Dengan memberi keleluasaan anak untuk packing, anak juga tidak akan menyalahkan orang tuanya saat lupa membawa sesuatu. Sehingga anak akan lebih bertanggung jawab dengan barang dan keperluannya sendiri.

Terkait dengan Lebaran konsep apa yang bisa ditanamkan pada anak? "Tentang bertemu dengan keluarga, makna keluarga, kebersamaan, bermaaf-maafan, beramah-tamah. Kalau ada jalan-jalannya saya kira nggak masalah, karena memang bertepatan dengan libur anak dan nggak sering-sering juga juga bisa kumpul bareng," terang Ratih.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]