Bupati Ajak Masyarakat Lihat Sejarah Masa Lampau


Sabtu,30 Juli 2016 - 15:54:05 WIB
Bupati Ajak Masyarakat Lihat Sejarah Masa Lampau Amril Mukminin beserta unsur Muspida Bengkalis pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-504 Bengkalis di ruang sidang DPRD Bengkalis, Sabtu (30/7/2016).

 

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengajak elemen negeri ini untuk menjadikan momentum Peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-504 sebagai sarana untuk melihat sejarah masa lampau.

“Jika diibaratkan, sebuah anak panah, sampai kapanpun, tak akan dapat lepas dari busur, tidak akan dapat meluncur cepat dan tepat ke sasaran, apabila tidak ditarik ke belakang terlebih dahulu,” ungkap Amril Mukminin pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-504 Bengkalis di ruang sidang DPRD Bengkalis, Sabtu (30/7/2016).

Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-504 Bengkalis, dipimpin Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi dan dihadiri wakil ketua Zuhelmi, diturut dihadiri Staf Ahli Bidang Pembangunan Setdaprov Riau Arlisman Agus, anggota DPRD Riau Abdul Vattah, Bupati Siak Syamsuar, Bupati Rokan Hilir Suyatno. Plt Sekda Bengkalis Arianto, Kajari Bengkalis Rahman Dwi Saputra, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Arh Dwi Ariyanto, seluruh kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis

Dikatakan Amril, tanpa mengenal sejarah, suatu masyarakat tak mungkin akan mengenal siapa dirinya dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini. Sejarah dengan identitas masyarakat memiliki hubungan timbal balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadian suatu masyarakat.

Menurut mantan Kepala Desa Muara Basung ini, sejarah adalah masa lalu. namun ianya merupakan aset yang paling berharga, karena sejarah merupakan sumber ilmu, sumber kebijaksanaan, dan sumber kekuatan. Karena itu, tepat sekali jika sebuah kalimat bijak mengatakan, membuang sejarah itu bagaikan membuang hasil-hasil penelitian berharga yang telah diteliti di masa lalu, dan mencoba meneliti dari awal tanpa refrensi masa lalu.

“Sejarah adalah guru dan tauladan kehidupan. Tanpa sejarah kita akan menjalani hidup dan kehidupan ini dengan buta, karena lewat sejarahlah kita bisa mengetahui apa itu hidup yang sesungguhnya. Bagi kita masyarakat Bengkalis, salah satu guru dan tauladan kehidupan dimaksud, tentunya adalah sejarah negeri kita sendiri,” ungkap Amril Mukminin.

Lebih lanjut Amril menegaskan, kehidupan manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa yang akan datang. “Melalui rapat paripurna istimewa DPRD Bengkalis ini, kami mengajak kita semua, untuk memetik nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam sejarah panjang negeri ini, yang hari ini sama-sama kita peringati untuk yang ke-504,” tandasnya.(*)

Jun-1080


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]