5 Trik Menatap Layar Monitor Agar Mata Tak Cepat Lelah


Kamis,11 Agustus 2016 - 10:33:11 WIB
5 Trik Menatap Layar Monitor Agar Mata Tak Cepat Lelah (foto: int)

Mata lelah bisa disebabkan oleh banyak hal namun di zaman modern seperti sekarang ini umumnya karena terlalu lama menatap layar monitor. Akibat sudah fokus kadang seseorang bisa tak sadar bahwa matanya kewalahan.

Bila kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus tentunya akan ada dampak pada kesehatan mata. Kemampuan melihat bisa turun permanen sehingga sebaiknya dicegah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar mata tak cepat lelah menatap monitor:

1. Atur cahaya

Sesuaikan cahaya yang dipancarkan monitor dengan cahaya ruangan secara reguler. Buat agar cahaya monitor tidak terlalu silau namun masih nyaman untuk digunakan.

Dengan cara ini selain membuat beban yang diterima oleh mata berkurang beban tenaga yang dibutuhkan monitor juga berkurang. Efeknya kesehatan mata serta perangkat elektronik bisa jadi lebih awet.

2. Hindari pancaran langsung

Pancaran sinar reflektif dari komputer atau perangkat elektronik lainnya dapat membebani mata. Belum lagi bila digunakan malam hari sinar tersebut dapat menipu tubuh mengganggu produksi hormon melatonin sehingga membuat seseorang sulit tertidur.

Untuk mengatasinya selain dengan mengatur cahaya bisa juga dengan menggunakan lapisan antireflektif dan sedikit memiringkan layar ketika perangkat sedang digunakan.

3. Perbanyak mengedip

Berkedip sama seperti bernapas, sesuatu yang jarang kita sadari meski sebetulnya dilakukan sehari-hari. Ketika menatap layar sesekali ingat untuk berkedip lebih sering. Tujuannya agar kelembapan bola mata bisa terjaga mengurangi risiko terjadinya iritasi.

4. Istirahat tiap 30 menit

dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung mengatakan ada dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara pertama adalah dengan memejamkan mata dan cara kedua adalah dengan melihat objek jauh lebih dari 6 meter.

Kedua cara tersebut dilakukan selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya untuk meringankan otot mata dan mengembalikan fokus kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

5. Gunakan tetes mata

Bila terjadi iritasi pada mata karena terlalu fokus pada layar maka obat tetes mata bisa digunakan. Hal ini terutama penting bagi mereka yang menggunakan lensa kontak.(detik.com)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]