Tugas Berat Jaga Hutan Konservasi Indonesia


Jumat,12 Agustus 2016 - 10:39:14 WIB
Tugas Berat Jaga Hutan Konservasi Indonesia Hutan mangrove/bakau yang sudah terkikis ombak akibat abrasi. (foto: Parlindungan)

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK), Tachrir Fathoni mengatakan, jika dipetakan, di Indonesia terlihat yang paling hijau adalah hutan-hutan yang berada di kawasan konservasi (hutan dengan ciri khas tertentu). Untuk itu, kawasan ini perlu dijaga dengan serius.

"Tantangan besar dari Indonesia adalah menjaganya, apalagi kita telah memiliki hari konservasi alam. Kemudian kualitas dan kuantitas sumber daya manusia sebagai penjaga konservasinya," ujar Fathoni dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Rabu (10/8/2016).

Sejak 2009, tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN). Tahun 2016 peringatan HKAN diadakan di Taman Nasional Bali Barat dibarengi dengan kegiatan Jambore Konservasi yang ke-3.

Dari kedua hal ini, Fathoni menekankan pentingnya partisipasi masyarakat, LSM juga swasta dalam melakukan konservasi. Fathoni juga menyampaikan bahwa menurut pengamatan dari beberapa LSM, saat ini sudah semakin sulit menemukan transaksi satwa. "Ini berarti upaya penegakan hukum yang dilakukan selama ini cukup memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan, serta hal positif bagi pengurangan angka perdagangan satwa langka tersebut," katanya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, komunitas, pelaku usaha yang ikut serta melakukan upaya konservasi, KLHK memberikan penghargaan atas usaha-usaha mereka. Salah satu penerima penghargaan adalah Desak Ayu Kusumawati yang merupakan pemegang izin usaha pemanfaatan jasa transportasi alam di Balai Taman Nasional Bali Barat.

Desak Ayu mengatakan, apresiasi ini diberikan karena usaha bersama kelompoknya yang mengembangkan usaha transportasi alam dan juga melakukan budidaya terumbu karang. "Konservasi terumbu karang dilakukan untuk tetap menjaga karang yang merupakan sumber ekonomi masyarakat melalui wisata alam, khususnya laut," katanya dilansir detik.com.(*)

Parl-3180 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]