Kim Jong Un Klaim Uji Coba Rudal Balistik Korut 'Sukses Besar'


Sabtu,27 Agustus 2016 - 09:27:35 WIB
Kim Jong Un Klaim Uji Coba Rudal Balistik Korut 'Sukses Besar' Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Korea Utara baru saja melakukan uji coba peluncuran misil balistik dari kapal selam di pantai timur dekat Kota Sinpo. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengklaim peluncuran rudal tersebut sukses besar.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (26/8/2016), peluncuran misil yang dianggap sukses besar ini diklaim Jong Un telah meletakkan nama Korea Utara di peringkat utama negara yang memiliki kekuatan nuklir. "Peluncuran misil balistik ini berlangsung dengan sukses berkat arahan dari panglima tertinggi tentara Korea, Kim Jong Un," tulis kantor berita resmi Korut KCNA.

Katanya, mereka mengapresiasi peluncuran misil sebagai sebuah kesuksesan dan kemenangan. "Dia mencatat dengan bangga hasil peluncuran misi yang membuktikan DPRK (Democtaric People's Republic of Korea/Korut), bergabung ke dalam ranking utama kekuatan militer yang dipersenjatai dengan kemampuan dalam serangan nuklir," sebutnya dilansir detik.com.

Korut sendiri tahun ini telah melakukan beberapa kali uji coba peluncuran misil, termasuk tes nuklir keempat pada bulan Januari dan sejumlah peluncuran misil balistik. Aksi mereka menyimpang dari sansi yang diberikan Dewan Keamanan PBB yang semakin diperketat pada bulan Maret.

Peluncuran ini terjadi dua hari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat memulai latihan bersama tahunan. Korea Utara mengecam aktivitas itu sebagai persiapan invasi. Korea Utara menjadi semakin terisolir setelah uji coba nuklir pada Januari lalu. Itu adalah uji coba nuklir keempat yang mereka lakukan. Ditambah lagi, mereka meluncurkan roket jarak jauh pada Februari. Lengkap sudah alasan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk memperketat sanksi untuk Korea Utara.(*)

Parl-3180 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]