Menkeu: Turun Tingkat Harga Cerminan Pelemahan Permintaan


Jumat,02 September 2016 - 09:22:20 WIB
Menkeu: Turun Tingkat Harga Cerminan Pelemahan Permintaan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (foto: ist)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengkhawatirkan deflasi 0,02 persen yang dicatat Badan Pusat Statistik sepanjang Agustus 2016 kemarin. Ia menafsirkan turunnya tingkat harga itu sebagai cerminan pelemahan permintaan masyarakat.

"Walaupun (deflasi Agustus) itu positif tetapi tetap saya mengatakan itu dalam tonewaspada, karena deflasi itu bukan karena harga turun tetapi mungkin permintaan melemah," tutur Sri Mulyani saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kamis (1/9) malam.

Menurut bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia, deflasi Agustus terjadi karena faktor musiman pasca perayaan Idul Fitri di bulan sebelumnya. Masyarakat yang tadinya banyak melakukan pengeluaran mulai melakukan penyesuaian kembali, hal tersebut membuat permintaan berkurang yang berpengaruh ke harga.

"Rakyat sudah mengeluarkan banyak uang untuk lebaran, sekarang mereka mulai konsolidasi lagi. Oleh karena itu, demand dari consumption sangat lemah dan ini yang menjelaskan deflasi saat ini," ujarnya dilansir CNN Indonesia.

Pemerintah menargetkan inflasi tahun ini ada di level 4 persen. Sementara, Bank Indonesia menargetkan inflasi ada di level 4 plus minus 1 persen. Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan deflasi sebesar 0,02 persen pada Agustus lalu menyusul koreksi harga bahan makanan, tarif angkutan dan pulsa seluler pasca Hari Raya Idul Fitri. Inflasi tahun kalender tahun ini tercatat sebesar 1,74 persen dan laju inflasi secara tahunan (Year on Year/YoY) sebesar 2,79 persen. Untuk inflasi inti, BPS mencatat laju 0,36 persen pada Agustus atau tumbuh 3,32 persen (YoY).(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]