Batuk dan Pilek Tak Berarti Sistem Imun Gagal Bekerja


Sabtu,03 September 2016 - 09:53:59 WIB
Batuk dan Pilek Tak Berarti Sistem Imun Gagal Bekerja (foto: int)

Di pasaran banyak beredar beragam produk suplemen dan vitamin yang diklaim dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tapi bagaimana sebetulnya manfaat vitamin atau suplemen tersebut untuk melawan penyakit musiman seperti flu dikatakan oleh dokter sulit dijelaskan.

Dokter keluarga dari Inner Western, Sydney, dr Penny Burns mengatakan normal bagi seseorang untuk beberapa kali terserang penyakit musiman dalam setahun dan ini bukan berarti imunitas tubuh gagal. Bahwa setelah beberapa hari kita bisa pulih beraktivitas normal merupakan bukti sistem imun bekerja dengan baik.

"Ketika kita bicara tentang meningkatkan imunitas tubuh, apa yang sebetulnya kita maksud adalah ingin lebih jarang sakit. Anda batuk, demam, pilek atau flu, bukan berarti sistem imun tubuh Anda tidak bekerja. Setiap kali Anda sembuh itu karena peran sistem imun," kata dr Burns seperti dikutip dari ABC Australia.

dr Burn mengumpamakan konsep ingin meningkatkan sistem imun ini seperti konsep meningkatkan performa mobil. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan karena tak semua 'tambahan' cocok untuk kondisi tertentu.

"Ada banyak komponen pada sebuah mobil. Apa yang Anda Inginkan? Apakah tekanan ban atau minyak rem? Kalau Anda menginginkan tekanan ban berarti Anda juga harus tahu apakah cocok untuk jalan-jalan tertentu," papar dr Burn.

Dengan alasan tersebut dr Burn mengatakan sulit untuk menunjuk seperti apa konsep meningkatkan sistem imun yang sesungguhnya atau bahkan pada tingkat seperti apa yang bisa dibilang paling bagus. Seperti diketahui imunitas yang terlalu aktif juga memicu kondisi penyakit autoimun. "Anda tidak menginginkan sistem imun Anda bekerja terlalu baik karena itu dapat membunuh," pungkas dr Burn seperti dilansir detik.com.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]