Pawai Lampion Semarakkan Pawai Kue Bulan di Pekanbaru


Jumat,16 September 2016 - 17:33:30 WIB
Pawai Lampion Semarakkan Pawai Kue Bulan di Pekanbaru (foto: Riau Pos)

Bersempena dengan Perayaan Kue Bulan 2567 Imlek/2016, berbagai perwakilan ormas Tionghoa, Lembaga Keagamaan Buddha dan beberapa sekolah secara bersama akan menggelar Pawai Lampion di Jalan Karet–Kampung Tionghoa Melayu Pekanbaru, Sabtu (17/9/2016) sore.

Dalam pawai tersebut, Panitia akan membagikan beberapa model lampion terutama kepada generasi muda yang berpartisipasi. Disamping itu, pawai akan disemarakkan dengan kehadiran empat lampion raksasa “kera sakti” dari Bagan Siapi-api, atraksi barongsai dan naga, sepeda dan mobil hias.

Arakan rute pawai lampion dimulai dari Jalan Karet akan melewati Jalan Ahmad Yani – M Yamin – Jenderal Sudirman – Jalan Juanda dan kembali ke Jalan Karet. Menurut Kamin, Ketua Koordinator kegiatan Zhong Qiu bersama yang merupakan Ketua PSMTI Kota Pekanbaru, tujuan dari acara tersebut adalah untuk memupuk kebersamaan dan persaudaraan sekaligus melestarikan budaya Tionghoa guna memperkaya budaya Bangsa Indonesia. “Ini salah satu sebab mengapa dalam acara ini kami juga melibatkan generasi muda,” kata Kamin dilansir Riau Pos.

Usai pawai bersama, rencananya akan dilanjutkan dengan makan kue bulan (Hokkian : tiong ciu pia) dan hiburan kesenian di Panggung Gembira IKTP, Jalan Karet Pekanbaru. Untuk mengganjal perut para peserta pawai, panitia juga menyiapkan konsumsi sederhana berupa mie goreng, nasi goreng, bihun dan kwetiau.

Puncak Perayaan Kue Bulan atau Zhong Qiu Jie, disebut juga Mid-Autumn Festival, tahun 2016 ini jatuh pada tanggal 15 September, merupakan salah satu budaya Tionghoa yang penting. Kue bulan yang bulat melambangkan reuni dan keutuhan, sedangan lampion merah merupakan simbol kebahagiaan dan sukacita. “Masyarakat silakan hadir bersama dalam perayaan Zhong Qiu di tahun kera ini,” imbau Ket Tjing, Panitia bidang Media dan Humas.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]