Ini Dia 5 Kebiasaan Merusak Mata


Selasa,27 September 2016 - 09:38:53 WIB
Ini Dia 5 Kebiasaan Merusak Mata (foto: int)

Menjaga kesehatan mata amat penting agar penglihatan tetap baik hingga usia tua. Namun tak sedikit orang yang kurang memerhatikan kesehatan matanya dengan melakukan beberapa kebiasaan buruk. Ini lima kebiasaan yang bisa merusak mata, seperti dikutip dari India Times.

1. Kurang Makan Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau sangat sehat bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Kurang makan sayur bisa memengaruhi daya penglihatan maka dari itu sangat disarankan makan sayuran hijau, dibarengi dengan wortel dan tomat setiap hari.

2. Berada di Depan Komputer Terus Menerus
Menatap layar komputer seharian tanpa istirahat akan membuat mata kering dan lelah. Syaraf-syaraf mata juga menjadi tegang yang bisa mengurangi kemampuan Anda melihat dengan jernih. Berkediplah lebih sering ketika bekerja di depan komputer, minimal setiap 10 detik. Setiap 20 menit, arahkanlah mata ke objek lain yang berjarak 20 meter dari Anda, dan tataplah objek tersebut selama 20 detik. Cara ini akan mengistirahatkan mata dari ketegangan.

3. Tidur Masih Memakai Makeup Mata
Tak jarang wanita lupa, atau bahkan sengaja tak menghapus eyeliner, eyeshadow dan maskara sebelum tidur. Kebiasaan ini sangat berbahaya bagi mata. Partikel-partikel dari riasan mata -yang biasanya mengandung bahan kimia dan pengawet- bisa masuk ke dalam mata dan melukainya. Mata berisiko iritasi hingga terkena infeksi.

4. Merokok
Tidak banyak yang tahu kalau kebiasaan merokok juga berkontribusi merusak mata. Zat-zat kimia pada rokok berpotensi meningkatkan risiko macular degeneration, mata rabun atau kebutaan yang muncul seiring pertambahan usia.

5. Tidak Pakai Sunglasses
Banyak orang mengesampingkan pentingnya penggunaan sunglasses atau kacamata hitam di siang hari. Padahal sunglasses tidak hanya berfungsi sebagai penambah gaya tapi juga melindungi mata. Paparan sinar matahari juga berpotensi merusak mata dan memicu terjadinya katarak, serta gangguan pada retina. Jika keseharian Anda lebih banyak di lapangan atau luar ruangan, pakailah kacamata hitam yang bisa mem-blok sinar matahari.(detik.com)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]