Proyek Listrik Paling Diburu Investor


Selasa,08 November 2016 - 21:40:01 WIB
Proyek Listrik Paling Diburu Investor (foto: detik.com)

Kelistrikan menjadi proyek infrastruktur yang paling diburu oleh para investor dari sekian banyak proyek infrastruktur. Proyek tersebut dinilai cukup matang dan menjanjikan, selain karena masuk dalam proyek utama pemerintah.

"Saya kira yang punya kepastian tinggi seperti listrik. Kemudian air, pelabuhan. Tapi prioritasnya ya listrik," ujar Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang konstruksi dan infrastruktur, Erwin Aksa, di sela acara ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum di Shangri-La Hotel, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Pemerintah sendiri telah membuka peluang kepada swasta untuk masuk ke sejumlah proyek yang ada dalam daftar Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Dana APBN sendiri hanya mampu membiayai 40% dari jumlah di atas.

"Masalah pendanaan. Proyek-proyek ini kan capital intensif. Nilai dari pengembaliannya kan dipatok oleh pemerintah, sehingga dibutuhkan equityyang besar. Tidak mungkin kita menurunkan spek kualitas karena itu akan berbahaya bagi proyek," ungkapnya seperti dilansir detik.com.

"Untuk membangun infrastruktur dengan equity yang besar, kan swasta harus mencari equity dari lembaga pembiayaan equity yang mahal. Kita juga berharap pemerintah bisa memberikan solusi bagaimana memberikan pendanaan equity yang lebih baik dan murah," tambahnya.

Erwin sendiri berujar, proyek-proyek ini bisa terealisasi jika sejumlah proyek yang dimiliki pemerintah tersebut bisa terealisasi setengahnya saja dari dana APBN. Sisanya bisa mengandalkan pendanaan dari swasta.

"30% kan dibiayai oleh APBN. 20% BUMN. Jadi 50% swasta. Jadi kalau tercapai 60% dari APBN saja saya kira itu sudah bagus. Tinggal swasta ikut andil, saya rasa bagus itu," tukasnya.(*)

Parl-3180


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]