2 Gejala Omicron Paling Sering Dialami Oleh Perempuan, Mesti Waspada.

Jumat,25 Februari 2022 - 12:04:47 wib
2 Gejala Omicron Paling Sering Dialami Oleh Perempuan, Mesti Waspada.
sumber foto suara.com

Varian omicron sampai saat ini masih terus diteliti oleh para peneliti di berbagai dunia. Mereka berusaha mencari tahu gejala omicron yang mungkin paling sering timbul bagi seorang yang terinfeksi. Bahkan gejala varian omicron tersebut juga bisa timbul bagi mereka yang telah divaksinasi Covid-19 dua kali atau penuh. Lalu bagaimana menurut data mengenai gejala omicron ini?

Dilansir dari laman suara.com. peneliti di Norwegia melakukan penelitian dengan mewawancarai 111 dari 117 tamu dari sebuah pesta pada 26 November 2021 di mana terjadi wabah omicron. Dari kelompok yang diwawancarai, 66 memiliki kasus definitif Covid-19 dan 15 memiliki kemungkinan kasus virus.

Dari 111 peserta, 89 persen telah menerima dua dosis vaksin mRNA dan tidak ada yang menerima suntikan booster. Menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi, Eurosurveillance, ada delapan gejala utama yang dialami oleh kelompok pengunjung pesta yang divaksinasi penuh.

Mereka antara lain adalah batuk, pilek, kelelahan, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, demam dan bersin. Studi tersebut menemukan bahwa batuk, pilek, dan kelelahan adalah gejala paling umum pada individu yang divaksinasi, sementara bersin dan demam paling jarang terjadi. Pakar kesehatan masyarakat juga menambahkan mual ke daftar gejala ini pada orang yang divaksinasi yang telah tertular varian Omicron.

Meskipun vaksin melindungi terhadap risiko virus yang lebih serius, masih mungkin untuk tertular Covid bahkan jika Anda memiliki suntikan dan suntikan penguat. Sifat gejala yang ringan membuat sulit bagi orang untuk membedakan virus dari flu biasa. Tetapi, menurut Profesor Tim Spector, di balik Aplikasi Studi Gejala ZOE, sekitar 50 persen dari "'pilek baru' saat ini sebenarnya adalah Covid".

Para ahli juga menyarankan ada dua gejala berbeda yang bisa menjadi tanda tes positif sudah dekat: kelelahan dan pusing/pingsan. Lebih dari sekadar merasa lelah, kelelahan dapat diterjemahkan menjadi nyeri tubuh dengan menyebabkan otot yang sakit atau lemah, sakit kepala, dan bahkan penglihatan kabur dan kehilangan nafsu makan.

Dr Angelique Coetzee, seorang praktisi swasta dan ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, mengatakan kepada Good Morning Britain bahwa kelelahan adalah salah satu gejala utama Omicron ketika varian itu pecah di Afrika Selatan.

Faktanya, 40 persen perempuan melaporkan bahwa mereka berjuang dengan kelelahan akibat Covid-19 dibandingkan dengan sepertiga pria, menurut jajak pendapat oleh Web MD yang menanyakan kepada pengguna seberapa sering mereka mengalami kelelahan dari 23 Desember hingga 4 Januari.

Pusing/pingsan adalah tanda kedua bahwa Anda mungkin menderita Omicron. Sebuah laporan baru dari Jerman menunjukkan bahwa ada hubungan antara pingsan dan Omicron setelah dokter di Berlin menemukan bahwa Covid-19 memicu pingsan berulang untuk pasien berusia 35 tahun yang dirawat di rumah sakit. (RF)

 

BERITA LAINNYA