Ini Alasan Mitsubishi L300 Euro 4 Tak Berubah Bentuk dan Tetap Pakai Tuas Perseneling di Samping Set

Kamis,21 Juli 2022 - 16:31:46 wib
Ini Alasan Mitsubishi L300 Euro 4 Tak Berubah Bentuk dan Tetap Pakai Tuas Perseneling di Samping Set
sumber foto oto.com

Bicara kendaraan pekerja, bongkar muat dan sebagainya dari sudut pandang utama pelaku bisnis. Desain bukan poin utama. Bisa dilihat dari rancangan Mitsubishi Colt L300 yang terhenti sejak generasi kedua. Kemudian desain seolah jadi abadi begitu, kepala mengotak. Posisi mesin tetap diletakkan di bawah jok. Lalu tuas persneling di kiri setir. Rupanya ada alasan tersendiri. Sesuai dengan keinginan banyak konsumen.

Dilansir dari laman oto.com. “Dulu saya agak khawatir kalau bentuk L300 terbaru (Euro 4) berubah. Karena bisa memengaruhi konsumen. Dan sangat lega, karena desainnya tetap seperti unit lama. Nah, sebelum muncul model baru, kami juga banyak bertanya kepada pengguna langsung.

Di pasar induk, misalkan. Ternyata mereka lebih suka dengan bentuk seperti itu. Kemudian posisi tuas persneling juga ingin tetap di samping. Karena lebih fungsional bila dibanding di tengah. Sehingga bagian depan bisa diisi bertiga bahkan empat orang,” ungkap Rudi Rimawan, GM Operation Sun Star Prima Motor, dalam gathering (20/7).

Konfigurasi ini dinilai Rudi, bertujuan memaksimalkan dimensi. Menjadikan L300 Euro 4 tetap punya ruang angkut luas di varian pikap, atau bagian belakang. Selain itu, penempatan pemacu diesel di bawah jok dapat memaksimalkan visibilitas pengemudi. Minusnya, jok bakal terasa panas karena posisinya amat berdekatan. Tapi risiko ini dirasakan seluruh model pikap sejenis di sini.

Colt L300 Euro 4 jadi lebih tangguh. Dilengkapi mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 silinder segaris. Teknologinya sudah direct injection, inter cooler common rail turbocharger. Tenaga puncak tersaji 99,25 PS di 3.500 rpm dan torsi maksimal 200 Nm diraih pada 1.000-3.500 rpm. Artinya tenaga naik 40 persen lebih besar dari model sebelumnya. Demi mendukung muatan lebih banyak dan dorongan tenaga kian besar.

Penyaluran daya dipercayakan pada transmisi lima percepatan. Resultan daya terlihat kecil. Namun dari sisi mobil niaga, fokusnya justru di momen puntir besar. Sebagai kendaraan untuk bekerja, ia harus punya kekuatan dalam menunjang beban dan kemampuan menanjak. colt L300 kini berukuran kargo 8 persen lebih luas  atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm. Sehingga unggul dan menguntungkan pengusaha dari sisi kapasitas daya angkut. Spesifikasi ini cukup dalam menunjang ragam usaha.

Kabin L300 punya pandangan depan, samping dan belakang yang baik. Untuk memudahkan pergerakan setir, unit pakai power steering.  Sehingga sopir lebih mudah mengendalikan kendaraan, serta tak cepat lelah ketika bermanuver khususnya pada kecepatan rendah. Lantas bagian penyangga roda depan menggunakan tipe double whisbone dan coilspring.

Sedangkan di belakang, ia mengusung suspensi semi eliptic leaf spring. Ukuran ban L300 185 ring 14 inci. Sektor pengeremannya sudah menggunakan cakram berventilasi di bagian depan. Walau tromol masih dipakai di roda belakang, tetapi itu cukup dalam mengoptimalkan pengereman. (RF)

 

BERITA LAINNYA