Jokowi Minta Tanyakan ke Menhub Soal Tiket Pesawat Masih Mahal

Senin,13 Mei 2019 - 15:43:37 wib
Jokowi Minta Tanyakan ke Menhub Soal Tiket Pesawat Masih Mahal
(foto: riaubisnis)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang pada Senin (13/5/2019). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol (GT) Singosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Kepada wartawan selepas acara itu, Jokowi menjawab pertanyaan wartawan perihal berbagai isu terkini. Salah satunya adalah harga tiket pesawat yang masih mahal. Terkait hal itu, Jokowi menjawab normatif.  "Nanti tanyakan ke menteri perhubungan (Budi Karya Sumadi)," ujarnya seperti dilansir detik.com.
?
Ia beralasan, hal itu sudah terlampau teknis untuk diurus seorang kepala negara. Sebelumnya, pemerintah menunda finalisasi penurunan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat yang sejatinya dijadwalkan pada Senin (13/5/2019).

Demikian disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Senin (13/5/2019). "Rapat koordinasi terbatas terkait tarif angkutan udara sedinya pagi ini jam 09.00. Namun karena Bu Menteri BUMN (Rini Soemarno) dan Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) mendampingi Bapak Presiden (Joko Widodo) pada acara peresmian Jalan Tol Pandaan-Malang hari ini jam 10.00 di Malang, maka rapat koordinasi terbatas ditunda," ujarnya.

Meskipun demikian, rapat akan dijadwalkan ulang segera. Sebab, permasalahan terkait tiket pesawat sudah sangat mendesak. "Sekarang sedang koordinasi mengenai waktunya untuk menyesuaikan dengan acara Pak Menko (Darmin Nasution), Bu Menteri BUMN, dan Pak Menhub," ujar Susiwijono.

Harga tiket pesawat yang mahal membuat pemerintah bergerak cepat. Menko Perekonomian pun meminta Menhub mengkaji opsi-opsi yang ada. Ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5/2019), Budi Karya mengatakan penurunan TBA tiket pesawat sebesar 15%. Hal itu, menurut dia, akan difinalisasi di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (13/5/2019).(parl)

BERITA LAINNYA