Krisis di Laut Natuna, Kemenhub Ikut Siagakan Kapal Patroli


Senin,06 Januari 2020 - 08:22:03 WIB
Krisis di Laut Natuna, Kemenhub Ikut Siagakan Kapal Patroli sumber foto bisnis.com

Kementerian Perhubungan menyiagakan seluruh kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Dalam rangka membantu pengamanan saat periode Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. 

Dilansir dari laman bisnis.com, Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Ahmad menyampaikan bahwa kapal patroli KPLP yang disiagakan fokus kepada pemantapan pengamanan wilayah laut di Indonesia, termasuk KN Sarotama P-112 yang telah berada di perairan Natuna.

"Salah satu Kapal Patroli KPLP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang disiagakan yaitu KN. Chundamani P-116, kapal patroli ini kami siagakan di wilayah perairan Banjarmasin Kalimantan Selatan," ujarnya dalam keterangan, Minggu (5/1/2020).

Ahmad mengatakan, secara keseluruhan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Banjarmasin berjalan dengan cukup baik. Peningkatan penumpang kapal yang terjadi di Pelabuhan Trisakti pada periode Nataru ini dapat diantisipasi berkat persiapan dan koordinasi yang baik antar pemangku kepentingan.

Selain di Pelabuhan Trisakti, Ahmad menambahkan, pada simpul transportasi lain seperti Bandara Syamsudin Noor dan Terminal Bus Tipe A Gambut Barakat juga pergerakan penumpang dilaporkan aman dan lancar.

Sebelumnya, di Pelabuhan Trisakti, Ahmad bersama Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, Capt Mugen Sartoto juga berkesempatan memberangkatkan 2 kapal penumpang dari Banjarmasin tujuan Surabaya Jawa Timur.

Pada tanggal 4 Januari 2020 pukul 23.40 WITA, KMP. Kirana IX yang telah sandar di Dermaga 100 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin diberangkatkan menuju Surabaya dengan mengangkut penumpang naik sebanyak 109 orang yang terdiri dari 98 orang dewasa, 9 orang anak dan 2 orang bayi.

Selain itu, KMP. Kirana IX juga mengangkut kendaraan yang berjumlah 45 unit, terdiri dari 5 kendaraan Golongan II, 11 kendaraan Golongan III, 25 kendaraan Golongan IV dan 2 kendaraan Golongan VI.

Selanjutnya, dia juga memberangkatkan KMP. Niki Barokah pada pukul 24.00 WITA dari dermaga 200 Pelabuhan Trisakti. Kapal motor penumpang ini mengangkut 35 penumpang dengan rincian 29 penumpang dewasa, 4 penumpang anak, dan 2 penumpang bayi. Kapal ini juga mengangkut 33 unit kendaraan  yang terdiri dari Golongan I 4 unit, Golongan II 12 unit, Golongan III 2 unit, Golongan IV 10 unit dan Golongan VI 5 unit.

"Kondisi cuaca memungkinkan untuk kapal berlayar namun demikian kami tetap mengingatkan untuk memprioritaskan keselamatan pelayaran dan jadikan keselamatan pelayaran menjadi tanggung jawab bersama," ujarnya. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]