Kementerian ESDM Inventarisasi Mineral Tanah Jarang


Minggu,21 Januari 2018 - 14:17:51 WIB
Kementerian ESDM Inventarisasi Mineral Tanah Jarang foto:int

Kementerian ESDM mulai mendata potensi mineral tanah jarang di Indonesia yang bisa disusul dengan kegiatan eksplorasi lebih lanjut.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan Indonesia memiliki potensi mineral tanah jarang. Menurutnya, hal itu harus diinventarisasi terlebih dahulu.

"Potensi-potensinya seperti apa sekarang sedang kita inventarisasi," ujar Gatot, Jumat (19/1/2018) seperti dilansir bisnis.com.

Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar menjelaskan sampai saat ini belum ada beleid yang mengatur mineral tanah jarang secara khusus. Dia menilai dengan data yang mencukupi, bisa jadi mineral tanah jarang akan memiliki peraturannya sendiri.

"Kita data, kita eksplorasi. Kalau sekarang memang aturannya belum ada," tuturnya.

Sebelumnya, anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Zulnahar Usman menilai pengembangan hilirisasi mineral tanah jarang begitu potensial untuk mendorong tumbuhnya ekonomi. Pasalnya, selain akan menarik masuknya investor di bidang elektronik, produk mineral tanah jarang juga bisa dikembangkan lagi untuk menghasilkan produk yang lebih berharga.

"Logam tanah jarang merupakan mineral ikutan dalam timah dan monazite. Pemisahan logam tanah jarang dari monazite akan menghasilkan thorium yang dapat dijadikan sumber bahan bakar dari pembangkit listrik tenaga thorium yang bersih tanpa emisi serta memiliki densitas energi jauh lebih besar dibandingkan energi fosil," paparnya.(*)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]