6 Kombinasi Makanan yang Beracun Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Bersamaan


Selasa,23 April 2019 - 16:48:33 WIB
6 Kombinasi Makanan yang Beracun Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Bersamaan sumber photo detik.com

Terkadang kita berpikir bahwa mengkombinasikan makanan tertentu bisa menambah manfaat bagi kesehatan. Tak jarang, makanan terbaik berasal dari kombinasi rasa dari beberapa bahan makanan lainnya.

Tapi, tidak semua kombinasi makanan yang lezat membuat badan menjadi sehat. Justru, beberapa kombinasi bahkan menimbulkan efek samping berbahaya, dikutip dari laman detik.com.

Dilansir detikHealth dari berbagai sumber, berikut kombinasi makanan yang beracun bagi tubuh jika dikonsumsi bersamaan.

 

1. Minum jus buah bersamaan dengan makanan

Nggak jarang ada yang punya kebiasaan makan sambil minum. Padahal kebiasaan ini bisa merusak sistem kerja dalam tubuhmu. Minum jus sambil makan adalah salah satu kombinasi paling beracun. Air mencairkan asam lambung dan mengurangi efektivitasnya dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak. Jadi, disarankan untuk minum air 10 menit sebelum makan.

2. Pisang dan puding

Tubuh mungkin akan kesulitan untuk mencerna kombinasi ini. Mengonsumsi pisang dan puding akan membuat perut buncit, memperlambat kerja otak dan meningkatkan produksi racun. Efek samping lainnya adalah mengantuk selama beberapa waktu. Pada bayi, kasusnya bisa berakibat lebih fatal.

 

3. Jeruk dan wortel

Meski kombinasi ini sangat populer, mengonsumsi keduanya secara bersamaan bisa mengakibatkan mulas, refluks empedu berlebih, dan bahkan merusak sistem ginjal yang merupakan asal dari penyakit lebih serius. Selain itu, jika mengidap masalah pencernaan, kombinasi ini dapat memperburuk kondisi tersebut.

4. Nanas dan susu

Ketika mengonsumsi nanas dan susu bersamaan, kamu akan mengalami efek samping seperti mual, infeksi, diare, sakit kepala dan sakit perut. Sebab, kombinasi bromelain pada nanas dan asam laktat pada susu terkadang tidak berjalan dengan baik.

5. Lemon dan pepaya

Keduanya jika dimakan bersamaan dapat mengembangkan anemia di dalam tubuh. Selain itu, kombinasi ini dapat membuat masalah pada hemoglobin atau protein dalam darah.

6. Teh dan susu

Mencampurkan sedikit susu pada teh bisa memberi rasa yang unik dan menjadi minuman favorit bagi beberapa orang. Namun, sebuah studi menunjukkan kombinasi ini dapat menjadikan tekanan darah meningkat dan risiko penyakit kardiovaskular bertambah. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]