Paling Lambat 1 Juli Harga Tiket Pesawat Harus Turun


Rabu,26 Juni 2019 - 08:36:56 WIB
Paling Lambat 1 Juli Harga Tiket Pesawat Harus Turun sumber photo detik.com

Maskapai diminta segera menurunkan harga jual tiket pesawat penerbangan murah (low cost carrier/LCC) mulai minggu ini. Hal itu menindaklanjuti rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian pada 20 Juni 2019.

Pemerintah memberi batasan waktu bagi maskapai penerbangan dalam melakukan penyesuaian tarif tiket pesawat sesuai yang telah disepakati.

Lantas kapan batas waktu bagi maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat? Cek berita selengkapnya berikut ini.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta maskapai menurunkan harga tiket pesawatpenerbangan berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) paling lambat 1 Juli 2019.

"Akhir minggu ini, paling lambat 1 Juli ya," kata Darmin di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Dia mengatakan, pihak maskapai, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II selaku operator bandara, dan Pertamina selaku pemasok bahan bakar pesawat masih melakukan penyesuaian dalam rangka mendukung penurunan harga tiket pesawat.

"Memang masing-masing sedang menghitung karena itu tidak hanya satu pihak. Itu Angkasa Pura berapa mikul bebannya, Pertamina berapa, kemudian maskapai berapa. Jadi mereka masih harus hitung-hitungan nih," jelasnya.

Di samping itu, dia menegaskan bahwa penurunan harga tiket tidak berlaku secara menyeluruh. Harga tiket pesawat yang turun tersedia di jam dan rute tertentu.

"Artinya gini, nggak semua turun lho, kesepakatan kita adalah karena waktu itu kan sudah diturunkan tapi tidak cukup tinggi, tidak cukup banyak turunnya, sehingga kesepakatannya adalah mereka harus menyediakan flight tertentu jam berapa misalnya, dia harus rendah, harus turun," paparnya.

Darmin mengungkapkan sudah ada tiket pesawat LCC yang harganya turun menyikapi keputusan yang diambil pemerintah bersama pihak maskapai.

"Sudah ada yang menurunkan. Jadi tunggu saja. Tapi dalam seminggu ini akan ada satu per satu," kata Darmin di Komplek Istana, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Darmin mengaku sudah mendapat laporan jika ada maskapai penerbangan yang sudah menurunkan. Hanya saja, dirinya masih enggan menyebut maskapai apa. Sejauh ini, penerbangan LCC domestik adalah Citilink Indonesia, Lion Air dan AirAsia.

Dirinya pun masih mengunci mulutnya untuk mengungkapkan persentase penurunan tarif yang diberlakukan oleh para maskapai penerbangan murah tanah air.

"Ada tentu saja referensi di Menhub. Namun kita tidak usah mengumumkannya," ujar dia.

Maskapai Lion Air siap menurunkan harga jual tiket pesawat penerbangan murah (low cost carrier/LCC) mulai minggu depan. Hal itu menindaklanjuti rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian kemarin 20 Juni 2019.

"Iya kita akan mengikutinya (keputusan pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat). (Minggu depan) siap," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Garuda Indonesia Group, lewat maskapai berbiaya murahnya, Citilink akan mengikuti keputusan tersebut. Sedangkan untuk rute dan jadwalnya masih didiskusikan, dikutip dari laman detik.com.

"LCC kan akan turun menurut kita bagus ya harapan kita memang seperti itu, sangat fair itu, jadi nggak semuanya turun, pasti kita ikuti. Kalau jadwal, turun tarifnya berapa, dan mana rutenya kita belum bisa info masih kita diskusikan nanti kita cek dulu ke Citilink," kata VP Corporate Communication Garuda Indonesa Ikhsan Rosan kepada detikFinance, Jumat (21/6/2019). (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]