Harimau Muncul di Ladang Minyak Siak, Ini yang Dilakukan Chevron


Rabu,07 Agustus 2019 - 13:36:46 WIB
Harimau Muncul di Ladang Minyak Siak, Ini yang Dilakukan Chevron sumber photo detik.com

Harimau Sumatera muncul di ladang minyak PT Chevron Pacific Indonesia di Kabupaten Siak, Riau. Aktivitas di luar ruangan area Gathering Station (GS) 5 Minas ditiadakan sementara.

"PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) mengonfirmasi bahwa pada hari Rabu, 7 Agustus 2019 sekitar pukul 06.00 WIB seekor harimau terlihat di Gathering Station (GS) 5 Minas. Untuk keselamatan karyawan, saat ini seluruh aktivitas di luar ruangan di GS 5 ditunda dan apabila harus meninggalkan GS menggunakan kendaraan," kata Manager Corporate Communication PT CPI Sonitha Poernomo dalam keterangan tertulis, Rabu (7/8/2019).

PT CPI juga berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Koordinasi dilakukan untuk penanganan lanjutan terhadap kemunculan harimau.

" Harimau Sumatera termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) PT CPI terus melestarikan lingkungan di sekitar wilayah operasi dengan tidak menebang hutan dan memberikan ruang untuk kehidupan satwa liar," kata Sonitha.

Sejak 2014, lanjut Sonitha, PT CPI bekerja sama dengan BBKSDA melakukan studi terkait harimau. Tujuannya untuk memastikan peraturan terkait kelestarian alam. 

"Di tahun 2019, Chevron juga sudah berkoordinasi dengan BBKSDA untuk melakukan monitoring terkait dengan dugaan adanya harimau di wilayah Minas berdasarkan laporan masyarakat," katanya.

PT CPI juga menegaskan, perusahaan menempatkan prinsip dan menerapkan standar yang tinggi keselamatan di tempat kerja termasuk kepada para mitra kerjanya. Termasuk menetapkan prosedur dasar untuk langkah antisipasi terhadap paparan resiko berjumpa dengan harimau di area operasi.

Karyawan diminta memastikan keadaan sekeliling area kerja aman. 

"Apabila menjumpai harimau kita harus tetap tenang, berdiri sambil menatap kaki harimau (hindari menatap langsung mata harimau), mundur perlahan tanpa membalikan badan, tetap menatap ke arah harimau, bergerak menuju ke pintu mobil yang terbuka, tutup pintu dan pergi," kata Sonitha, dikutip dari laman detik.com. (wili)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]