Ikan Air Laut Lebih Sehat dari Air Tawar? Ini Kata Ahli Gizi


Jumat,10 Januari 2020 - 08:57:24 WIB
Ikan Air Laut Lebih Sehat dari Air Tawar? Ini Kata Ahli Gizi sumber foto health.detik.com

Ikan air tawar dan laut, mana yang lebih sehat? Pertanyaan ini mungkin pernah terpikirkan. Namun, tentu hal ini tidak bisa dibandingkan secara begitu saja.

Dilansir dari laman health.detik.com, Ikan air tawar memang lebih banyak mengandung kalsium dibandingkan dengan ikan air laut. Begitu juga sebaliknya, asam lemak omega3 lebih banyak kandungannya pada ikan air laut daripada tawar.

Ahli gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang, Dr Gusnedi, STP, MPH mengatakan tak bisa menentukan ikan air apa yang lebih sehat dan dipilih untuk dikonsumsi.

"Tergantung daerahnya kebetulan penelitian saya itu di kota Padang itu daerahnya pesisir di tepi pantai dan dominan orang konsumsi ikan laut, makanya yang muncul di situ ikan laut bukan air tawar," kata Gusnedi saat ditemui, Kamis (9/1/2020).

"Tapi untuk di daerah pegunungan dan dataran tinggi memang itu dominan ikan air tawar," lanjutnya. Namun, Gusnedi sangat menyayangkan adanya pembudidayaan ikan air tawar yang tidak sesuai dengan ketentuan, sehingga menghasilkan kualitas ikan yang buruk.

"Misalnya ikan lele dikasih makannya itu isi jeroan ayam, itu kan nggak bagus. Sehingga komposisi yang tadinya bagus, sehingga kita khawatirkan nanti nggak bagus lagi. Jadi, ini sistemnya harus diperbaiki," jelasnya.

Perlu perbaikan dalam penyediaan bahan makanan, pengolahan serta pendistribusian pun harus dikontrol dengan baik agar kualitas ikan air tawar tak kalah dengan air laut. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]