7 Robot Ini Bakal 'Rebut' Pekerjaan Manusia


Jumat,17 Januari 2020 - 14:24:33 WIB
7 Robot Ini Bakal 'Rebut' Pekerjaan Manusia sumber foto cnbcindonesia.com

Dahulu kala kita hanya melihat para robot bekerja layaknya manusia di dalam film. Tetapi perlahan saat ini hal tersebut akan terwujud karena beberapa robot sudah hadir dan dipakai oleh industri tertentu.

Dilansir dari laman cnbcinsonesia.com, Dedengan munculnya teknologi robot yang semakin maju, menghadirkan kekhawatiran bahwa jutaan pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot. Hal ini diprakarsai karena robot dinilai lebih efesien, tidak digaji, dan lain-lain. Berikut 7 robot yang saat ini sudah hadir dan dapat mengganti peran pekerjaan manusia;

1. Sofia

Robot bertipe humanoid atau memiliki bentuk yang mirip sekali dengan manusia ini memiliki kemampuan untuk berinteraksi. Dengan ditanamkan kecerdasan buatan, Sofia bisa menangkap maksud perkataan dari manusia. Diproyeksikan robot seperti ini dapat mengambil pekerjaan apa saja karena sifat dan bentuk seperti manusia.

2. Starship Technologies

Starship Technologies telah mengembangkan robot pengiriman yang dirancang untuk mengirimkan paket dan pos surat dengan cepat dalam radius dua mil. Robot pengiriman ini memiliki bentuk seperti mobil mainan namun dengan tubuh yang besar dan memiliki 6 roda.

3. Samsung Bot Care

Samsung Bot Care mampu melakukan sejumlah pekerjaan rumah seperti mengingatkan anda kapan harus minum obat, bertindak sebagai monitor detak jantung, dan jika keadaan memburuk ia dapat menelpon layanan darurat.

4. Cafe X

Cafe X merupakan kedai kopi otomatis bertenaga robot yang dibuat dengan kekuatan untuk menghasilkan kopi spesial terbaik melalui komputasi canggih. Teknologi ini dipercaya bisa menggantikan peran barista dalam membuat kopi.

5. Moley Robotic Kitchen

Robot ini diklaim mampu mempelajari resep baru, memasak berbagai makanan yang berbeda dan bahkan membersihkannya sendiri. Bahkan robot ini dapat meniru keterampilan koki ahli yang memungkinkannya untuk membuat makanan kelas dunia.

6. Aeolus

Aeolus adalah robot konsumen serba guna yang dirancang untuk membantu di pekerjaan rumah tangga. Robot ini mampu mengirimkan makanan, membereskan rumah, menemukan barang hilang dan banyak lagi.  Aeolus juga mempunyai kecerdasan buatan yang membantunya untuk mempelajari kehidupan, rutinitas, dan tata letak rumah anda.

7. REEM

REEM merupakan robot humanoid yang dapat bertindak sebagai resepsionis, memberikan hiburan bagi para tamu, membuat presentasi, memberikan pidato dalam berbagai bahasa hingga membantu berbagai tugas yang berbeda. Robot tangguh ini dapat disesuaikan dan menavigasi sendiri secara otomatis, selain itu ia mampu berinteraksi dengan orang-orang yang ditemuinya serta bertahan hingga delapan jam. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]