Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng


Kamis,23 Januari 2020 - 09:05:40 WIB
Realme X50 5G, Ponsel 5G dengan Layar Mentereng sumber foto detik.com

Realme meluncurkan ponsel 5G pertamanya, Realme X50 5G di Beijing, China beberapa waktu yang lalu. Saat ini ketersediaan ponsel tersebut di Indonesia masih menjadi teka-teki, tapi detikINET berkesempatan menjajalnya selama seminggu.

Ingin tahu seperti apa performanya secara keseluruhan? Yuk simak ulasannya berikut ini. Dilihat dari depan Realme X50 5G terlihat paling berbeda dengan ponsel lainnya. Hal ini dikarenakan display-nya yang menggunakan desain punch-hole untuk tempat dua kamera depan.

Dilansir dari laman detik.com, karena menggunakan desain punch-hole tidak ada notch atau bezel yang terlalu tebal di sisi atas dengan rasio screen-to-body 90,48%. Tapi untuk bagian bawahnya masih ada 'dagu' yang ukurannya tidak terlalu besar.

Di bagian belakang terdapat empat kamera belakang dan flash LED di sisi kanan atas dan logo Realme di bawahnya. Bagian belakangnya dilapisi Corning Gorilla Glass 5 dan terlihat mengkilap sehingga rentan meninggalkan bekas sidik jari.

Realme X50 5G hadir dengan dua warna yaitu Glacier Silver dan Polar Blue yang bertandang ke redaksi detikINET. Warna biru kehijauannya terlihat cantik dengan garis yang meliuk-liuk ketika terkena cahaya.

Bagian sampingnya dibuat melengkung sehingga lebih mudah dan nyaman untuk digenggam. Tombol power-nya di samping kanan merangkap sebagai sensor sidik jari. Sedangkan di bagian bawah terdapat port USB-C, speaker dan slot dual SIM. Tidak adanya headphone jack 3,5 mm di Realme X50 5G cukup disayangkan.

Layar dan Antarmuka

Realme X50 5G adalah ponsel pertama buatan vendor asal China ini yang menggunakan display dengan refresh rate 120Hz. Sayangnya, mungkin untuk menghemat biaya produksi dan menekan harga, Realme menyandingkannya dengan panel LCD.

Walau begitu, penggunaan display 120Hz tetap bisa dirasakan. Pergerakan di layar terasa sangat mulus, terutama saat bermain game.

Layarnya sendiri berukuran 6,57 inch dan dilindungi dengan Gorilla Glass 5. Resolusinya 1080x2400 pixel dengan rasio 20:9. Ukuran layar yang cukup lapang bisa membuat menonton film di Netflix atau bermain game dengan puas.

Bersamaan dengan peluncuran ponsel ini, Realme juga mendebutkan antarmuka buatannya sendiri yang dikembangkan berdasarkan Android 10 dan ColorOS 7. Diberi nama Realme UI, antarmuka ini menjanjikan tampilan yang bisa diubah-ubah sesuai keinginan.

Untuk urusan multimedia, Realme X50 5G menyediakan satu speaker di bagian bawah yang didukung dengan Dolby Atmos. Suara yang dikeluarkan speaker ini cukup keras ketika digunakan untuk mendengarkan lagu atau menonton video, tapi sedikit kurang nendang dan beberapa detail ada yang hilang.

Performa dan Baterai

Realme X50 5G menjadi salah satu ponsel pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 765G. Chipset ini tidak hanya memberikan kemampuan 5G tapi juga memberi pengalaman yang lebih mulus dan bertenaga ketika main game.

Unit yang diterima detikINET memiliki konfigurasi paling tinggi yaitu RAM 12GB dan ROM 256GB. Tidak ada slot untuk penyimpanan eksternal, tapi dengan memori internal sebesar itu harusnya lebih dari cukup untuk menyimpan ratusan film dari Netflix.

Turut dibekali GPU Adreno 620, performa Realme X50 5G cukup ngebut saat digunakan untuk multitasking. Tidak hanya itu, saat digunakan untuk memainkan game seperti PUBG juga bisa dilakukan dengan pengaturan tertinggi tanpa kendala.

Untuk mendongkrak performanya, Realme X50 5G juga memiliki fitur High Performance Mode yang bisa diaktifkan sendiri. Jika fitur ini diaktifkan, kinerja ponsel memang terasa lebih mulus tapi bagian belakangnya terasa cukup hangat.

detikINET pun melakukan uji benchmark menggunakan Antutu dan 3DMark untuk melihat bagaimana performa Realme X50 5G di atas kertas. Berikut hasil pengujiannya:

- AnTuTu: 298.317
- AnTuTu High Performance Mode: 329.827
- 3DMark: 3.290

Untuk mendukung kerjanya sehari-hari, Realme X50 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung pengisian cepat VOOC 4.0 30W. Pengisian cepat ini diklaim bisa mengisi baterai hingga penuh dalam 60 menit.

Sayangnya unit yang diterima detikINET tidak beserta charger bawaannya sehingga tidak bisa membuktikan klaim ini secara optimal. Tapi, begitu ponsel di-charge menggunakan charger milik Realme X yang mendukung VOOC 3.0 20W, baterai Realme X50 5G bisa diisi dari 20% hingga penuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Untuk penggunaan sehari-hari seperti mengecek media sosial, browsing dan main game, baterai Realme X50 5G terbilang sangat awet. Dalam sekali pengisian dan setelah digunakan seharian, baterai Realme X50 5G bisa bertahan selama kurang lebih 24 jam.

Kamera

Dilihat sekilas, konfigurasi kamera belakang Realme X50 5G sedikit mirip dengan Realme X2 Pro. Ada kamera utama 64MP yang disandingkan dengan kamera ultra-wide 8MP, kamera telephoto 12MP yang memungkinkan 5x optical zoom dan kamera makro 2MP.

Saat digunakan di siang hari dengan cuaca yang cerah dan pencahayaan yang cukup, kinerja kamera utama, ultra-wide dan telephoto-nya sangat memuaskan. Detail dan dynamic range terlihat cukup baik dengan reproduksi warna yang cukup alami.

Sayangnya, kamera makronya cukup mengecewakan. Karena resolusinya yang cukup rendah tidak bisa menangkap detail objek dan cahaya dengan sempurna, baik itu dalam kondisi terang maupun minim cahaya.

Untungnya, Realme X50 5G dibekali dengan kamera utama 64MP yang memiliki sensor besar yang bisa menangkap banyak detail. Jadi kalian bisa saja mengambil foto dengan mode 64MP lalu di-crop untuk fokus ke objeknya, dan hasilnya akan terlihat lebih bagus dibanding apa yang dihasilkan kamera makronya.

Untuk mengambil foto di malam hari atau kondisi minim cahaya, performa Realme X50 5G sebenarnya terbilang biasa saja. Tapi dengan mengaktifkan Night mode, foto yang diambil memiliki detail yang lebih jelas dengan dynamic range yang cukup baik.

Kamera depannya menggunakan kamera utama 16MP yang dilengkapi kamera ultra-wide 8MP. Hasil selfie yang diambil terbilang sangat bagus dan tidak merubah tone kulit wajah.

Kesimpulan

Realme X50 5G memiliki performa yang cukup mengesankan. Dibekali Snapdragon 765G yang fokus untuk gaming plus display 120Hz, bisa membuat pengalaman bermain game menjadi lebih istimewa.

Dari segi baterai dan kamera pun tidak terlalu mengecewakan. Sayangnya, jika dilihat dari belakang desain ponsel ini terbilang biasa saja dan sulit dibedakan dengan ponsel Realme lainnya.

Tapi, belum jelas apakah ponsel ini akan didatangkan Realme ke Indonesia mengingat belum digulirkannya jaringan 5G komersial. Saat ditanya, Chief Marketing Officer Realme, Chase Xu, mengatakan datang atau tidaknya Realme X50 5G di Indonesia bergantung pada ekosistem 5G di Tanah Air.

Selama menggunakan Realme X50 5G di Indonesia, detikINET pun hanya bisa menjajalnya menggunakan kartu SIM 4G. Namun hal itu tidak menghambat kinerja ponsel sama sekali.

Jika tertarik dengan ponsel ini, banyak-banyak berharap agar Realme X50 5G segera diluncurkan di Indonesia. Apalagi sebagai ponsel 5G, harganya terbilang murah-meriah. Di pasar China, varian paling rendah Realme X50 5G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dibanderol 2.499 Yuan atau sekitar Rp 5 jutaan. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]