Menkominfo Ungkap Hoaks Virus Korona Semakin Meningkat


Senin,03 Februari 2020 - 14:54:54 WIB
Menkominfo Ungkap Hoaks Virus Korona Semakin Meningkat sumber foto techno.okezone.com

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate mengungkapkan sebaran hoaks atau disinfomasi mengenai virus korona yang tengah mewabah di China dan beberapa negara semakin meningkat di Indonesia.

Dilansir dari laman  techno.okezone.com, hingga hari ini, Senin (3/2/2020) Menteri Johnny mengatakan terdapat 54 hoaks yang beredar di media sosial dan aplikasi perpesanan WhatsApp.

"Khusus terkait dengan trafik pembicaraan soal novel coronavirus (virus korona Wuhan) melalui drone siber kominfo terdapat 54 percakapan atau isu hoaks disinfomasi," kata Menkominfo pada konferensi pers di Kantor Kominfo, Senin (3/2/2020).

Beberapa disinfomasi yang beredar di masyarakat di antaranya yakni dua penumpang Lion Air meninggal karena virus korona, kurma harus dicuci bersih lantaran virus korona yang berasal dari kelewar. Kemudian, kabar tentang virus korona yang sudah masuk Indonesia juga dikatakan Johnny merupakan hoaks.

Johnny memastikan bahwa virus korona belum masuk ke Indonesia. Dia menambahkan 285 WNI (Warga Negara Indonesia) yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok dinyatakan sehat.

"Tindakan pencegahan di pintu masuk negara dan tindakan koordinasi oleh pemerintah sudah dilakukan dan observasi oleh 285 WNI (Warga Negara Indonesia) di Natuna sesuai standar WHO (World Health Organization)," imbuh Johnny.

Karena persebaran virus korona semakin luas, Johnny mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan disinfomasi. Selain itu, masyarakat diminta untuk melakukan cek silang atau mencari informasi dari sumber resmi terkait virus korona. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]