5 Manfaat Gerakan Tai Chi untuk Kesehatan Serta Panduannya untuk Pemula


Senin,02 Maret 2020 - 08:42:30 WIB
5 Manfaat Gerakan Tai Chi untuk Kesehatan Serta Panduannya untuk Pemula Sumber foto hot.liputan6.com

Manfaat gerakan tai chi sangat besar untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Apalagi dengan tekniknya yang cukup sederhana dan tak membutuhkan kemampuan khusus, olahraga ini bisa menjadi alternatif pengganti yoga atau pilates. 

Dilansir dari laman hot.liputan6.com, telah dikenal sejak lama terutama di Tiongkok, Tai chi sendiri merupakan gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Fokus dari latihan tai chi adalah melatih konsentrasi, mengendalikan pernapasan, dan mengatur irama tubuh layaknya air yang mengalir. Sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat gerakan Tai chi dapat mengobati berbagai masalah kesehatan. dan mental. Gerakan-gerakan yang menyerupai aliran air yang tenang ini akan membangkitkan energi dalam diri yang dikenal juga dengan qi. Energi qi akan membantu tubuh dan pikiran bekerja dengan penuh harmoni. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/3/2020) tentang manfaat gerakan Tai Chi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat gerakan Tai chi yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena gerakan Tai chi mengutamakan latihan pernapasan dan mengurangi stres, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Gerakan Tai chi seperti berjongkok, membungkuk, atau menendang ternyata manfaatnya setara dengan olahraga jalan kaki. Jantung dan pembuluh darah kamu pun akan semakin kuat dan sehat dengan berlatih Tai chi.

Meredakan Stres

Selain itu, manfaat gerakan Tai chi selanjutnya adalah untuk meredakan stres, kecemasan, hingga depresi. Hal ini terdapat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Medicine menguak bahwa tai chi mampu menenangkan pikiran.

Latihan tai chi membantu meningkatkan kesadaran diri, kesabaran, pengendalian diri, dan empati. Terlebih lagi jika kamu berlatih Tai chi di tempat terbuka yang dekat dengan alam seperti taman atau pantai. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan rileks.

Perasaan nyaman tersebut tentunya sangat berguna bagi kesehatan mental, apalagi jika kamu sedang mengalami depresi, kecemasan, sedang berduka, atau sedang marah.

Memperkuat Otot

Manfaat gerakan Tai chi selanjutnya adalah untuk memperkuat otot. Gerakan Tai chi juga mengharuskan kamu untuk menopang berbagai anggota tubuh dengan kuat. Meskipun cenderung tenang, olahraga ini mengharuskan kamu untuk menahan pose tertentu dalam waktu yang lama. Hal inilah yang dapat melatih kerja otot pada bagian tubuh atas dan bawah agar lebih kuat.

Meningkatkan Konsentrasi

Dengan gerakan yang cenderung lambat, Tai chi akan membantu kamu memusatkan perhatikan dan meminimalkan gangguan dari luar maupun dalam diri. Oleh karena itu, manfaat gerakan Tai chi berikutnya adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Jika berlatih Tai chi secara rutin, kamu akan jadi terbiasa dalam mempertajam fokus dan menjernihkan pikiran ketika bekerja, belajar, atau berpikir.

Melatih Kelenturan Tubuh

Manfaat gerakan Tai chi berikutnya adalah untuk melatih kelenturan tubuh. Posisi-posisi dalam latihan tai chi membutuhkan koordinasi, kekuatan, dan keluwesan. Tubuh pun akan semakin lentur dan seimbang.

Hal ini akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki masalah koordinasi motorik, badan yang terasa kaku, atau pada orang-orang lanjut usia yang rentan kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Jika dilakukan secara berkala, juga bisa mengurangi nyeri otot dan sendi.  

Pose awal

Berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Letakkan kedua tangan di pinggul. Secara perlahan, putar kepala searah jarum jam dan ulangi sebanyak dua kali. Setelah itu, putar kepala pada arah yang berlawanan sebanyak tiga kali. Tarik napas dalam sampai bahu terangkat dan lepaskan perlahan-lahan sambil menurunkan bahu.

Melemaskan tangan

Angkat kedua tangan sampai setinggi perut. Pastikan bahwa lengan atas kamu tetap menahan postur tubuh dengan kencang dan kibas-kibas telapak tangan seolah sedang mengeringkan tangan dari butir-butir air. Lakukan gerakan pelemasan tangan ini sambil menarik dan membuang napas dalam sebanyak tiga kali.

Masih dengan posisi berdiri yang sama, angkat tangan dengan gerakan seperti menyapu perlahan dinding di hadapan kamu. Saat mengangkat tangan, arahkan jari-jari kamu supaya menghadap ke bawah. Saat tangan sudah setinggi kepala, turunkan pelan-pelan dengan posisi jemari lurus menghadap ke atas. Ulangi sampai enam kali sambil terus mengambil napas dalam.

Panduan Gerakan Tai Chi untuk Pemula

Gerakan dua purnama

Angkat kedua lengan kamu ke depan sampai tegak lurus di samping tubuh dan turunkan ke belakang sampai posisi tangan kembali ke sisi tubuh kamu dan membentuk lingkaran purnama yang sempurna. Ulangi gerakan ini hingga enam kali. Akhiri dengan posisi tangan di sisi tubuh masing-masing.

Menebarkan sayap

Angkat kedua lengan setinggi dada. Dengan posisi telapak tangan terbaring sejajar menghadap ke bawah, pastikan ujung jemari kedua telapak tangan kamu hampir saling menyentuh. Kemudian secara perlahan buat gerakan membuka lengan seolah menebarkan “sayap” atau lengan bawah ke samping tubuh.

Biarkan kedua lengan kamu terentang dengan lurus dan tegap. Kembalikan lagi ke posisi awal dengan tangan di hadapan dada. Ulangi gerakan merentangkan tangan ini hingga enam kali. Jangan lupa untuk mempertahankan teknik pernapasan dalam selama melatih gerakan ini.

Membelah air

Arahkan kedua lengan kamu lurus ke depan kira-kira setinggi dada. Kedua telapak tangan kamu seharusnya menghadap ke bawah. Lalu, buat gerakan seperti sedang berenang dan membelah air di hadapan kamu perlahan-lahan.

Ayunkan masing-masing lengan ke sisi tubuh dan kembali lagi ke posisi semula. Ulangi sebanyak enam kali sambil terus bernapas dengan rileks. Akhiri dengan posisi kedua tangan berada di sisi tubuh. Sebaiknya berlatihlah dengan instruktur (master) Tai chi agar kamu mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dan mental secara maksimal. (GA)

 

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]