Cegah Penyebaran Virus Corona, Dispar Imbau Pengusaha Hotel dan Travel di Riau Pantau Kesehatan Wisa


Jumat,13 Maret 2020 - 15:58:33 WIB
Cegah Penyebaran Virus Corona, Dispar Imbau Pengusaha Hotel dan Travel di Riau Pantau Kesehatan Wisa sumber foto goriau.com

Dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai meluasnya kasus penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus Corona (COVID-19), Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau mengeluarkan surat imbauan pencegahan virus Corona kepada pengusaha hotel dan travel di Riau.

Dilansir dari laman goriau.com, "kami mengimbau kepada general manajer hotel kabupaten/kota, pengurus BPD PHRI Riau, pengurus IHGMA Riau, pengurus DPD ASITA Riau, pengurus ASPPI, pengurus PUTERI Riau pengurus ASPERAPI Riau yang ada di provinsi Riau untuk turut serta memantau kedatangan wisatawan yang berkunjung ke Riau," kata Plt Kepala Dispar Riau, Raja Yoserizal Zen di Pekanbaru, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, lanjut Yoserizal, asosiasi hotel dan travel melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan dinas kesehatan, rumah sakit dan pihak terkait untuk melakukan pendeteksian secara dini terhadap wisatawan dengan menggunakan Thermal Scanner. "Untuk mencegah penularan lebih lanjut para wisatawan kami harap juga bersedia melalui pemeriksaan kesehatan apabila diperlukan," harapnya.    

"Kami juga minta general manager hotel kabupaten dan kota, pengurus PDI PHRI Riau pengurus IHGMA Riau, pengurus DPD ASITA Riau, DPD ASPPI Riau, pengurus HPI, pengurus PUTERI Riau, pengurus ASPERAPI Riau yang berada di kabupaten/kota untuk membuat untuk kewaspadaan dini kasus penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus Corona," ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Kemudian melaksanakan etika batuk dengan menutup mulut dengan tisu, dan membuang tisu di tempat yang sudah ditentukan. Menggunakan masker apabila batuk dan flu dan pilek, serta konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak buah dan sayur, rajin olahraga dan istirahat cukup. Apabila sakit segera ke fasilitas pelayanan kesehatan. "Langkah ini kami sampaikan sehingga wisatawan dapat berkunjung ke Riau dengan rasa aman," tukasnya. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]