Akhir April, RI Punya 200 Ventilator Corona Made In Indonesia


Rabu,15 April 2020 - 14:08:08 WIB
Akhir April, RI Punya 200 Ventilator Corona Made In Indonesia sumber foto cnbcindonesia.com

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengungkapkan akhir April ini akan ada 200 alat bantu pernafasan ventilator portabel didesain BPPT untuk pasien positif virus corona Covid-19. Ventilator ini dibuat oleh dia mitra BPPT.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com, "perkiraan cepat 25 April sampai katakan akhir April itu sudah dibuat 200 unit ventilator, dan kapasitas produksi dari para mitra industri itu adalah 100 unit ventilator portable per minggu. Jadi Kapasitasnya cukup besar," ujar Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers online, Rabu (15/4/2020).

Bambang menambahkan BPPT bisa menambahkan dua lagi mitra pembuat ventilator portable ini sehingga jumlah menjadi 4 mitra. "Dua lagi sudah menyatakan siap, salah satunya BUMN, yakni Indofarma, sehingga kita harapkan nanti bisa 400 unit per minggu. Kebutuhan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan BNPB," tambahnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menambahkan untuk pengembangan ventilator pihaknya telah berkoordinasi dengan 4 kelompok pengembang. Yakni, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Khusus Tim Jogja ini mereka justru berbicara untuk jangka menengah panjang. Mereka tidak hanya bicara untuk menangani Covid-19 sekarang, tapi mereka bicara ke depan, karena mereka akan produksi ventilator jenis yang high grade, yang di mana dari kelompok lain sebagian besar memang akan produksi yang low cost, atau grade lebih rendah," ujar Agus Gumiwang.

"Berkaitan dengan time frame, ini sebagian besar dari kelompok pengembang, mereka akan mulai produksi, seperti yang disampaikan Pak Menristek, itu sekitar bulan April. Tapi khusus kelompok Jogja, karena memang mereka akan produksi high grade, akan lebih lama, sekitar Mei Juni mereka akan mulai produksi."

Ventilator merupakan salah satu alat kesehatan yang paling dicari di seluruh dunia. Ventilator dibutuhkan untuk memberikan bantuan pernafasan pada pasien positif corona yang kesulitan bernafas. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]