Penularan Covid-19 dari Klaster Santri Magetan, Jatim Kian Meluas di Riau


Kamis,14 Mei 2020 - 09:52:52 WIB
Penularan Covid-19 dari Klaster Santri Magetan, Jatim Kian Meluas di Riau sumber foto sumatra.bisnis.com

Penularan virus corona atau Covid-19 dari klaster santri Pondok Pesantren Al-Fatah di Desa Temboro Magetan, Provinsi Jawa Timur, kian menyebar hingga ke lima daerah di Provinsi Riau.

Dilansir dari laman Sumatra.bisnis.com, Virus yang menyerang fungsi pernapasan tersebut terbawa oleh santri hingga ke kampung halamannya. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, sudah ada sebanyak 14 orang yang positif Covid-19 dari klaster tersebut.

Mayoritas dari mereka adalah santri yang pulang kampung, serta orang yang punya kontak erat dengan santri tersebut di kampung halaman. Pasien positif dari klaster ini kini sudah terdeteksi di lima daerah, yakni di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bengkalis, Indragiri Hulu (Inhu), Pelalawan, dan Kepulauan Meranti.

Kemungkinan masih banyak santri dari Magetan yang sudah pulang kampung ke Riau, tetapi belum sempat diperiksa kesehatannya. Karena itu, Gubernur Riau Syamsuar mengeluarkan surat edaran kepada bupati dan wali kota di daerah tersebut untuk melakukan pendataan dengan seksama.

“Gubernur Riau sudah menerbitkan surat untuk pendataan, tracing dari klaster Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Magetan di wilayah masing-masing,” kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir, dikutip dari Antara, Kamis (14/5/2020).

Namun, menurut dia, tidak semua santri yang pulang dari Magetanke Riau positif Covid-19. Hanya saja, dia mewanti-wanti agar pemeriksaan dilakukan dengan seksama karena santri yang usianya masih muda berpotensi tertular tetapi tidak menunjukkan gejala.

“Dinkes di setiap daerah harus melakukan pendataan, penelusuran dan rapid test terhadap santri di wilayah masing-masing,” katanya. Hingga Rabu (13/5), total ada 88 kasus positif Covid-19 di Riau, dengan perincian 34 orang masih dirawat, 48 orang sudah sehat dan dipulangkan, serta enam orang meninggal dunia. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]