Doyan Makanan Asin? Ini 7 Efek Negatif yang Bisa Terjadi Pada Tubuh


Senin,15 Juni 2020 - 09:15:24 WIB
Doyan Makanan Asin? Ini 7 Efek Negatif yang Bisa Terjadi Pada Tubuh sumber foto food.detik.com

Makanan asin gurih memang terasa enak di lidah. Sebagian besar orang bahkan kecanduan akan rasanya. Tetapi ada efek negatif jika terlalu banyak dikonsumsi.

Dilansir dari laman food.detik.com, selain rasa manis, rasa asin gurih juga bisa membuat orang kecanduan. Bukan dikonsumsi sesekali, mereka penyuka rasa asin bahkan mengonsumsinya setiap saat. Meski memuaskan lidah tetapi jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan.

Menurut The American Heart Association orang dewasa dianjurkan untuk tidak mengonsumsi sodium lebih dari 2.300 mg per hari. Idealnya tak boleh lebih dari 1.500 mg per hari. Banyak orang tahu jika asupan sodium melalui garam berdampak pada risiko tekanan darah tinggi.

Ternyata bukan hanya tekanan darah tinggi saja, dilansir dari eatthis (5/6) dan berbagai sumber, berikut ini sejumlah efek negatif pada kesehatan jika terus menerus mengonsumsi makanan asin atau gurih.

1. Minum lebih sedikit air

Saat makan makanan gurih biasanya orang akan merasa haus dan kemudian minum banyak air. Ini karena kandungan garam dalam makanan. Tetapi jika kamu makan makanan asin terlalu banyak kamu justru akan minum lebih sedikit. Menurut studi panjang tentang keseimbangan sodium di The Journal Clinical Investigation dengan peserta pria diamati tahun 2009 - 2011 hasilnya berbeda. Makin banyak garam dikonsumsi, makin sedikit air yang diminum. Hal ini karena tubuh mereka menyimpan dan memproduksi lebih banyak air. Untuk itu tubuh perlu lebih banyak energi dan bahan bakar yang didapat dari makanan, yang bisa memicu orang makan lebih banyak.

2. Perut kembung

Bukan hanya rasa haus yang terus menerus, konsumsi makanan asin setiap hari juga bisa membuat perut begah, kembung, nyeri dan tidak nyaman. Hal ini terjadi karena tubuh menahan air. Dalam studi yang dimuat di The American Journal of Gastroenterology mendapati perut kembung banyak dialami oleh mereka yang mengonsumsi makanan tinggi sodium. Dibandingkan dengan mereka yang mengasup makanan rendah sodium. Perut kembung bisa menyebabkan rasa nyeri dan perut sakit. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan asin tiap hari. Atau batasi konsumsi makanan asin dan gurih, baik frekuensinya maupun jumlahnya.

3. Berat badan naik

Rasa gurih dan renyah makanan akan membuat orang ketagihan dan sulit berhenti. Apalagi jika berupa camilan kering seperti keripik. Karena itu konsumsi makanan asin akan membuat orang lebih cepat naik berat badannya. Peneliti di Deakin University mendapati bahwa konsumsi makanan dengan garam berlebihan justru makin membuat orang lapar. Akhirnya mereka menyantap lebih banyak lagi makanan gurih dan sulit berhenti yang berakibat kenaikan berat badan.

4. Jerawatan

Banyak ahli nutrisi menyebutkan jika makanan dan minuman bisa memicu munculnya jerawat dan masalah kulit. Hal ini juga berlaku untuk konsumsi makanan gurih dan asin. Sebuah studi yang diikuti oleh 200 peserta, mendapatkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan asin mengalami jerawatan. Sedangkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah sodium tidak jerawatan. Makanan tinggi sodium disebut memicu tumbuhnya jerawat.

5. Sakit kepala

Sakit kepala atau pusing juga bisa dialami oleh mereka yang mengonsumsi makanan gurih atau asin terlalu sering. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal BMJ menyebutkan penelitian terhadap 400 orang. Mereka yang mengonsumsi makanan tinggi sodium sepertiga lebih mengalami sakit kepala, dibandingkan mereka yang makan makanan rendah sodium. Sementara studi lainnya menyebutkan pengurangan konsumsi garam bisa mengurangi jumlah peserta yang sakit kepala. Penelitian ini melibatkan pasien lanjut usia dengan hipertensi.

6. Menderita tekanan darah tinggi

Sudah banyak orang tahu bahwa asupan sodium yang tinggi akan memicu kenaikan risiko tekanan darah tinggi. Hal ini bukan berarti makan sekantong keripik kentang berakibat tekanan darah naik. Namun hal ini lebih dipicu oleh pola makan atau asupan makanan sehari-hari yang didominasi makanan asin maka dalam jangka waktu tertentu memicu hipertensi. Bukan hanya itu tetapi penyakit serius lain seperti serang stroke, gagal jantung, kanker perut hingga penyakit ginjal berkaitan dengan asupan sodium berlebihan. Karenanya jumlah asupan harian sodium tidak boleh berlebihan.

7. Ruas jari bengkak

Konsumsi banyak sodium melalui makanan asin dan gurih bukan hanya menyebabkan perut kembung. Tetapi juga bisa membuat ruas-ruas jari membengkak atau membesar. Hal ini karena kandungan garam dalam aliran darah, tubuh akan menahan air jika tak semua sodium dikeluarkan melalui urine melalui ginjal. Karenanya ruas-ruas atau persendian di jari-jari tangan menjadi bengkak atau membesar. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]