Besok, Tes Swab Massal di Tiga Puskesmas di Pekanbaru


Selasa,16 Juni 2020 - 14:00:24 WIB
Besok, Tes Swab Massal di Tiga Puskesmas di Pekanbaru sumber foto riaupos.jawapos.com

Setelah beberapa kali menggelar rapid test massal, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Pekanbaru akan melakukan swab test massal, Rabu (17/6). Lokasi pelaksaan adalah di tiga pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Dilansir dari laman riaupos.jawapos.com, swab test secara sederhana dapat dimaknai sebagai tes pengambilan sampel lendir pada saluran pernapasan. Cara ini adalah yang paling akurat untuk mendeteksi apakah seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak.

Diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Muhammad Amin, Senin (15/6), swab test massal ini digelar bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau. ‘‘Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Rabu kami rencanakan di tiga puskesmas,’’ urainya.

Tiga puskesmas ini adalah Puskesmas Sidomulyo di Kecamatan Tampan,  Puskemas Harapan Raya di Kecamatan Bukit Raya, dan Puskesmas Rumbai di Kecamatan Rumbai Pesisir.

Swab test massal akan dilakukan kepada orang dalam pemantauan (ODP).

"Kami rencanakan untuk seluruh ODP yang tercatat," imbuhnya. Di samping itu, swab test juga dilakukan untuk menjaring orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. "Ini  dalam upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tutupnya.

Sebelumnya, cara yang paling sering dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru untuk melakukan deteksi dini Covid-19 adalah dengan menggelar rapid test massal. Ini sudah beberapa kali digelar. Yakni di Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]