Berkaca dari Kematian Papa T Bob, 3 Makanan Sehat Ini Efektif Kontrol Diabetes Lansia


Jumat,10 Juli 2020 - 15:48:57 WIB
Berkaca dari Kematian Papa T Bob, 3 Makanan Sehat Ini Efektif Kontrol Diabetes Lansia sumber foto lifestyle.okezone.com,

Pencipta lagu anak-anak era 1990-an, Papa T Bob, meninggal dunia. Pria berusia 59 tahun tersebut diduga meninggal dunia akibat penurunan kondisi kesehatan akibat penyakit diabetes yang diderita.

Dilansir dari laman lifestyle.okezone.com, kabar duka ini tentu menyisakan kesedihan mendalam bagi bangsa Indonesia. Ya, sosok Papa T Bob adalah orang di balik keceriaan anak-anak. Lagu-lagunya akan selalu abadi sampai kapan pun.

Dalam pesan berantai yang beredar, Papa T Bob meninggal dunia pada Jumat, (10/7/2020), pukul 10.35 WIB. Untuk pemakamannya, diketahi dari pesan tersebut, rencana jenazah Papa T Bob akan dimakamkan di Bintaro. Namun, belum ada info lanjutan.

Terlepas dari kabar menyedihkan ini, apa yang dialami Papa T Bob tentu harus menjadi pembelajaran siapa pun. Diabetes menjadi penyakit yang mematikan namun bisa dicegah, salah satunya adalah dengan mengontrol makanan.

Tapi, jika Anda memiliki orang tua dengan diabetes, menjaga kesehatan mereka tetap baik masih bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah menjaga asupan makan secara ketat. Sebab, makanan tak diatur mempengaruhi kondisi diabetes di dalam tubuh si lansia. Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Apa saja?

Karbohidrat sehat

Jangan asal memilih karbohidrat untuk penderita diabetes lansia. Tapi, jangan kemudian Anda membatasi asupan karbohidrat hariannya. Sumber karbohidrat yang disarankan antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong, produk susu rendah lemak, dan pastikan untuk menghindari karbohidrat kurang sehar seperti makanan tinggi lemak, gula, dan natrium.

Kaya serat

Makanan kaya serat juga baik untuk penderita diabetes lansia. Dengan kecukupan serat dalam tubuh, ini menjamin kadar gula darah panderita terkontrol dengan baik. Makanan tinggi serat itu antara lain sayur, buah, ikan (setidaknya makan ikan dua kali dalam seminggu), kacang-kacangan, maupun biji-bijian utuh.

Lemak sehat

Memang, penderita diabetes mesti membatasi lemak, tapi mengonsumsi lemak baik tidak ada salahnya. Lemak baik ini menurunkan kolesterol tubuh. So, apa saja makanan dengan lemak sehat? Ada alpukat, kacang, kanola, dan zaitun. Menjadi catatan, jangan terlalu banyak konsumsinya, karena bagaimana pun makanan ini mengandung lemak tinggi kalori. (GA)


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]