5 Sayuran Kaya Protein yang Baik Dikonsumsi Tiap Hari


Senin,20 Juli 2020 - 08:32:13 WIB
5 Sayuran Kaya Protein yang Baik Dikonsumsi Tiap Hari sumber foto food.detik.com

Protein nabati juga bisa mencukupi kebutuhan protein harian seperti produk hewani. Ini sayuran kaya protein yang sebaiknya dikonsumi tiap hari.

Dilansir dari laman food.detik.com, dengan berkembangnya gaya hidup sehat banyak orang menjalani pola makan vegan. Mereka hanya mengandalkan asupan nutrisi dari tumbuhan saja. Hampir sebagian besar kebutuhan nutrisi bisa dicukupi dari sumber nabati, termasuk protein.

Selama ini banyak orang tergantung pada asupan protein dari hewan seperti daging, telur dan beragam olahan daging. Protein sendiri berfungsi untuk membangun otot tubuh, menjaga kesehatan otak, tulang, rambut, gigi dan kuku.
Karena itu kebutuhan protein harian harus tercukupi.

Selain itu protein juga perlu untuk menjaga imunitas tubuh. Sumber protein dari sayuran sangat baik. Karena selain memberi asupan protein juga mengandung serat, sejumlah mineral dan vitamin. Konsumsi protein sayuran tak akan memicu kenaikan kolesterol dan berat badan. Kalau ingin memperbanyak asupan protein dari sayuran, dirangkup dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis sayuran ini bisa dikonsumsi tiap hari.

1. Jagung manis

Sayuran berbentuk biji kuning renyah ini rasanya manis. Enak diolah menjadi beragam masakan. Selain kaya serat biji jagung juga bisa memberikan asupan protein. Tiap 100 gram jagung manis mengandung 3.3 gram protein. Jagung bisa menjadi andalan untuk mencukupi kebutuhan protein harian, Bisa diolah menjadi campuran salad, dibuat sup, bubur atau ditumis dengan sayuran lain. Bahkan dikukus saja sudah jadi camilan manis yang enak.

2. Bok choy

Bok choy disebut juga sawi sendok karena pangkal batangnya yang berbentuk cekung seperti sendok. Sawi sendok kaya akan air, serat dan juga protein. Rasanya renyah dengan rasa sedikit pahit. Setiap 100 gram bok choy mengandung 1.5 gram protein. Sayuran hijau ini uga punya khasiat sebagai anti peradangan. Bisa diolah sebagai tumisan, pelengkap mie ayam, atau campuran sup dan salad. Kini juga banyak dijual baby bok choy dalam ukuran mini.

3. Brokoli

Brokoli sudah mendapat julukan sebagai superfood karena kandungan nutrisinya. Sayuran berbentuk kuntum ini juga mengandung serat, antioksidan dan asam amino yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Setiap 100 gram brokoli mengandung 2.8 gram protein dan 34 kalori. Cocok dikonsumsi setiap hari sebagai asupan protein nabati. Bisa dikukus, dibuat tumisan, sup atau dipanggang dan dibuat jus sayuran dengan paduan buah dan sayur lain.

4. Bayam

Sayuran ini paling populer karena kandungan zat besi dan folat serta protein. Bayam juga kaya akan asam amino yang sangat baik dikonsumsi setiap hari. Dalam 100 gram bayam mengandung 2.8 gram protein. Selain murah dan kaya nutrisi bayam juga mudah diolah menjadi beragam masakan. Seperti salad, campuran urap dan pecel, sup, ditumis, dipadukan dengan omlet atau dibuat jus sayuran dengan paduan jeruk lemon.

5. Kembang Kol

Bentuknya mirip nrokoli dengan warna putih, kembang kol kaya akan vitamin V, vitamin K, juga mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Selain itu sayuran ini juga kaya protein. Setiap 100 g kembang kol mengandung 1.9 gram protein dan 25 kalori. Kecuali itu yang terpenting sayuran ini mengandung zat glucosinolate yang disebut sinigrin. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan, anti kanker dan anti peradangan. Sebaiknya konsumsi dalam keadaan segar atau dikukus sebentar untuk mempertahankan zat nutrisi ini. (GA)

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]