UPDATE Jalan Tol Padang - Pekanbaru: Gubernur Irwan Prayitno Beberkan Kemajuan Pembangunan


Kamis,30 Juli 2020 - 08:54:42 WIB
UPDATE Jalan Tol Padang - Pekanbaru: Gubernur Irwan Prayitno Beberkan Kemajuan Pembangunan sumber foto pekanbaru.tribunnews.com

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan pembangunan tol Padang-Pekanbaru di penlok 1 tetap berjalan dan masih tahap pengerjaan fisik.
 Ia mengatakan, sudah sekitar 22 persen jalan tersebut dapat diselesaikan.

Dilansir dari laman pekanbaru.tribunnews.com, "KM 0 di jalan By Pass Kasang hingga KM 4,2, insya Allah masalah tanah sudah selesai, sedang pembangunan jalan."

"Pengaspalan dan sebagainya sudah berangsur dan pengerasan sudah hampir semuanya," kata Irwan Prayitno saat ditemui, Rabu (29/7/2020).
Gubernur dua periode ini mengklaim tidak ada hambatan dan pengerjaan jalan terus.

Sementara, Penlok 2 terdiri atas KM 4,2 di Nagari Kasang hingga titik KM 36,6 yang berada di Koto Hilalang, Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman. Progresnya juga masih dalam tahap pendataan dan pengukuran.

Irwan Prayitno mengaku sedang melakukan proses penunjukan tim appraisal untuk menentukan harga tanah dan prosesnya mengikuti aturan. "Kalau sudah keluar keputusan penunjukan appraisal, maka appraisal bekerja untuk menentukan harga rupiah per meter per jalurnya," terang Irwan Prayitno.

Setelah itu baru kemudian dibayarkan kepada masyarakat, tanah bebas lalu dikerjakan. Intinya saat ini proyek tersebut terus berjalan yang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya dan tidak ada hambatan. Terkait kendala, Irwan Prayitno mengungkapkan ada di penlok 1 yakni Km 0 sampai Km 4,2.

"Kita kalah di PTUN, sekarang lagi kasasi di MA. Itu kaitan dengan Penlok yang ditetapkan gubernur digugat karena dia sudah dapat izin membangun dari Bupati Padang Pariaman," jelas Irwan Prayitno.

Sementara, sebut Irwan Prayitno, konsolidasi dilakukan kepada masyarakat yang tidak setuju. Bahkan sebagian Km 0 sampai 4,2 Km itu adalah hasil konsolidasi. "Itu sudah jalan semuanya," tutur Irwan Prayitno. (GA)


 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]