Presiden Jokowi Sebut Krisis Perekonomian Dunia Terparah Sepanjang Sejarah


Jumat,14 Agustus 2020 - 11:16:04 WIB
Presiden Jokowi Sebut Krisis Perekonomian Dunia Terparah Sepanjang Sejarah sumber foto economy.okezone.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan krisis perekonomian dunia saat ini merupakan yang terparah sepanjang sejarah. Saat ini semua negara baik negara miskin, negara berkembang, termasuk negara maju, semuanya sedang mengalami kemunduran karena terpapar Covid-19.

Dilansir dari laman economy.okezone.com, dia menyebut akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda seluruh negara membuat perekonomian berjalan macet atau hang.

“Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan re-start, harus melakukan re-booting. Semua negara mempunyai kesempatan men-setting ulang semua sistemnya,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

Dia mengaku bersyukur pada kuartal-I 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tumbuh positif, yaitu 2,97%, tapi di kuartal-II merosot ke minus 5,32%. “Ekonomi negara-negara maju bahkan minus belasan persen, sampai minus 17%. Kemunduran banyak negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya pandemi ini semua negara harus membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. “Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” kata dia.

Sebanyak 215 negara, tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit diterpa pandemi Covid-19. Dalam catatan WHO, sampai dengan tanggal 13 Agustus kemarin, terdapat lebih dari 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737 ribu jiwa. (GA)

 

 


Akses riaubisnis.co Via Mobile m.riaubisnis.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Arifin Ahmad/Paus Ujung (Komp. Embun Pagi), B 13, Pekanbaru, Riau – Indonesia
CP : 0812 6812 3180 | 0853 7524 1980
Email: [email protected]